Internasional

Dubes RI Untuk Kolombia Terima Francisco de Paula Santanders

BTN iklan

Oleh Theo Yusuf

JAKARTA, Lei, Antra – Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto menerima penghargaan berupa “Francisco de Paula Santander’s” dari Akademi Kepolisian Nasional Kolombia, atas jasa dan perjuangannya membantu meningkatkan hubungan bilateral Kolombia dengan Indonesia, khususnya hukum dan demokrasi.

“Penghargaan itu untuk sesungguhnya bukan hanya untuk saya tetapi untuk bangsa Indonesia, yang diberikan melalui upacara militer, bersamaan hari ulang tahun Kepolisian negara itu,” kata Priyo Iswanto, kepada Antara lewat saluran hand-pon di Jakarta, Selasa.

Kedua negara itu sudah lama bekerja sama, dan saat ini tinggal meningkatkan di berbagai bidang, khususnya pariwisata dan pertanian.

Sedang menyangkut usaha meningkatkan peranan hukum dan penguatan demokrasi, pihaknya menjalin hubungan baik dengan berbagai lembaga resmi dan swadaya masyarakat di negara tersebut sehingga terjalin baik.

“Kolombia mengakui Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga dunia yang cukup stabil,” katanya.

Dikatakan, masyarakat Kolombia sangat menghargai dan mengenang tokoh kemerdekaan yang akhirnya menjadi pemimpin militer dan politik Kolombia tahun 1840-an, yakni Francisco de Paula Santandr’s.

Ia seorang sarjana hukum yang mendorong penguatan demokrasi dalam pemerintahannya.

Sementara itu, dalam siaran pers dari Kedubes RI di Bogota menyebutkan peran serta kontribusi Duta Besar Indonesia untuk Kolombia, dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, Organisasi kami memandang beliau pantas untuk mendapatkan penghargaan tersebut, kata Presiden Eksekutif Colombian Society of Press and Mass Communication, Mr. Gustavo Casasbuenas.

Penghargaan diberikan dalam rangka perayaan ke-78 Almamater Kepolisian Kolombia dan peringatan ke-27 Konstitusi Kolombia.

Sejumlah pejabat lainnya juga turut diberikan penganugerahan, antara lain: Kepala Akademi Polisi Kolombia, Brigjen Pol Juliette Giomar Kure Parra, Kepala Badan Pengawas Industri Keamanan Swasta, Mr. Fernando Martinez Bravo; dan pilot wanita pertama Kolombia/Konhor India di Bogota/Mantan Konjen Kolombia di New York, Jenny Luna.

Colombian Society of Press and Mass Communication merupakan salah satu organisasi di Kolombia yang didirikan oleh Mantan Presiden Kolombia, Alfonso Lopez Michelsen (1974-1978) sejak 4 Agustus 1998.

Organisasi itu secara periodik memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh masyarakat dan pejabat publik yang berprestasi dan memberikan dampak positif terhadap penguatan institusi, demokrasi, transparansi, dan pembangunan sosial ekonomi di Kolombia

Perlihatkan Lebih

One Comment

  1. Hello there! I simply would like to offer you a big thumbs
    up for the great info you have here on this post.
    I’ll be coming back to your website for more soon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami