LiputanNasional

Dukung Keseriusan Presiden Jokowi Bangun Papua

BTN iklan

Jakarta/Lei – Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi) menginginkan semua pihak untuk mendukung sepenuhnya keseriusan yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo dalam membangun infrastruktur di Papua.

“Kebijakan beliau (Presiden Jokowi) sudah tepat yakni membangun infrastruktur secara masif di Papua guna mengejar ketertinggalan,” kata Sekjen Gapensi Andi Rukman Karumpa di Jakarta, Selasa.

Untuk itu, ujar dia, niat baik dan rencana Presiden dalam membangun Papua juga jangan sampai dipolitisasi oleh berbagai pihak yang tidak mendukung pembangunan Papua.

Andi mengakui bahwa membangun Papua memang membutuhkan biaya besar, sebab itu upaya pemerintah pusat mencari dana baik melalui meningkatkan utang dan improvisasi sumber keuangan lainnya tidak perlu dipermasalahkan.

“Apalagi untuk sektor-sektor produktif misalnya pembangunan infrastruktur di Papua. Lagi pula rasionya masih aman terhadap PDB (Produk Domestik Bruto),” ucapnya.

Andi mensinyalemen ada pihak yang ingin Papua tetap berada dalam keterbelakangan dan berusaha menghambat pembiayaan infrastruktur sehingga semua pihak harus mendukung sepenuhnay rencana besar pemerintah mengejar pembangunan infrastruktur Papua.

Sebagaimana diketahui pemerintahan Jokowi mengalokasikan dana tidak sedikit untuk pembangunan infrastruktur di Papua. Untuk pembangunan Jalan Trans-Papua saja pada tahun lalu, anggaran yang dialokasikan mencapai Rp2,15 triliun, yang terdiri dari Rp739 miliar untuk perawatan jalan sepanjang 1.719,46 km, Rp 834,8 miliar untuk pembangunan jalan baru 151,34 km, dan pembangunan jembatan sebesar Rp579,4 miliar.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan kunci untuk menggerakkan perekonomian dan pemerataan di Papua adalah percepatan pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan bandara, pelabuhan, jalan dan jembatan sehingga mampu membuka semua wilayah di tanah Papua dari isolasi dan memperlancar konektivitas antar wilayah, antar kabupaten dan antar daerah,” kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas dengan topik evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas Provinsi Papua di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (19/7).

Menurut Presiden, Provinsi Papua merupakan provinsi dengan wilayah terluas dan potensi kekayaan alam yang melimpah, baik pertambangan, pertanian, kehutanan, sektor kelautan dan perikanan.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengingatkan pembangunan di Papua tidak boleh terlepas dari tujuan utamanya yakni mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan.

“Apapun yang menjadi upaya kita memajukan Papua, hanya ada satu tujuan yaitu kemanusiaan. Kemanusiaan di atas segala-galanya,” ujar Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dalam diskusi bertajuk “Gus Dur, Papua dan Paradigma Pembangunan”, yang diselenggarakan PKB di Jakarta, Rabu (26/7).

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami