Ekonomi

Easy Card Wajib Dimiliki Warga Taiwan

BTN iklan

Jakarta, 5/4 (LEI) – Kartu-kartu di dompet masyarakat modern memang mempesona. Selain terdapat berbagai macam kartu kredit, mungkin juga ada kartu VIP, kartu anggota dan lainnya. Namun jika Anda berada di Taiwan ada satu jenis kartu yang wajib Anda miliki, yaitu Easy Card.

Easy Card wajib bagi warga Taiwan, apa lagi yang tinggal di Taipei, demikian siaran Pers dari TETO yang diterima, Senin di Jakarta.
Apa itu Easy Card? Kartu ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 sebagai kartu penyimpanan dana untuk memudahkan orang-orang yang ingin naik Moda Raya Terpadu (MRT) Taipei. Masyarakat hanya perlu menyimpan dana di kartu Easy Card terlebih dahulu. Saat naik MRT, mereka dapat mengeluarkan kartu dan “bip” di gerbang tiket untuk pembayarannya.

Ini menghemat waktu yang diperlukan untuk membeli tiket satu arah setiap kali naik MRT. Karena jumlah stasiun MRT Taipei terus meningkat (saat ini terdapat lebih dari 130 stasiun MRT), MRT telah menjadi alat transportasi yang dibutuhkan bagi masyarakat di Taipei, dan proporsi pemegang Easy Card juga meningkat pesat.
Demi menarik lebih banyak orang untuk menggunakan Easy Card, Perusahaan Easy Card secara aktif mempromosikan lebih banyak item yang dapat dibayar melalui kartu tersebut, seperti kereta api, taksi, toko serba ada, restoran, dan sebagainya. Jangkauan pembayaran juga sudah meluas ke seluruh penjuru Taiwan, sehingga Easy Card sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Taiwan.

Selain untuk membayar tarif MRT di seluruh Taiwan, Easy Card juga dapat digunakan untuk naik bus, kereta api, kereta berkecepatan tinggi, dan kapal feri, juga untuk membayar tarif taksi, U-bike (penyewaan sepeda), dan penyewaan skuter listrik. Selain itu, parkir di jalanan dan gedung parkir juga dapat dibayar dengan Easy Card. Begitu juga minimarket, apotek, pusat perbelanjaan, department store, toko makanan cepat saji, cafe, supermarket, toko buku dan bioskop di seluruh Taiwan juga dapat menggunakan Easy Card untuk pembayaran.
Bentuk Easy Card hanya berupa seperti kartu kredit? maka Anda salah. Karena teknologi induksi RFID yang diadopsi oleh Easy Card, tidak perlu tampilan berbentuk kartu. Sebagai contoh, ponsel pintar yang biasa dimiliki oleh masyarakat modern, selama menggunakan kartu SIM dari ponsel yang memiliki fungsi NFC, bisa menggunakan fungsi dari Easy Card, sehingga Anda akan melihat banyak orang di Taiwan menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran.
Easy Card pada dasarnya kartu penyimpanan dana, masyarakat perlu mengisi dana terlebih dahulu sebelum berbelanja. Cara mengisi ulang dana juga sangat sederhana, bisa mengisi ulang dana di minimarket di seluruh Taiwan. Terkadang masyarakat modern sering lupa untuk mengisi dana, Easy Card juga bisa dikoneksikan dengan rekening bank, atau bekerja sama dengan pihak bank untuk meluncurkan kartu kredit yang memiliki fungsi Easy Card.
Saat melakukan pembayaran dengan Easy Card, mesin deteksi akan mengeluarkan bunyi “bip ~”, sehingga sebagian orang menyebut pembelanjaan dengan Easy Card adalah semacam “ekonomi bip”. Easy Card memungkinkan Anda bepergian ke mana pun di Taiwan, mau makan, minum, dan bersenang-senang tidak menjadi masalah.

Saran buat teman-teman Indonesia yang ingin berkunjung kembali ke Taiwan, bisa pergi ke supermarket atau stasiun MRT untuk membeli Easy Card, nikmati kehidupan seperti warga Taiwan, cukup dengan ‘bip’ untuk berbelanja secara profesional.
***

 

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami