Ekonomi

Ekonomi RI terbaik ke dua Setelah RRC, Indonesia Harus Bangga

BTN iklan

LEI, Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mungkin saja senang dengan kabar ini. Di tengah krisis karena pandemi Covid-19, perekonomian Indonesia diproyeksikan akan mencatatkan pertumbuhan yang mengesankan.

Hal tersebut terungkap dalam laporan terbaru Dana Moneter Internasional (IMF) di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20. IMF menyebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini terbaik kedua setelah China.

“Indonesia di antara kelompok G-20 pertumbuhan ekonominya masih terbaik kedua sesudah RRT (China),” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, seperti dikutip Selasa (24/11/2020).

Sri Mulyani mengemukakan kondisi perekonomian global menghadapi tekanan luar biasa sepanjang 2020. Perekonomian seluruh negara, termasuk anggota G-20 pun mengalami kontraksi.
“Kita akan mencoba menjaga ekonomi Indonesia agar kita mampu mengatasi Covid-19 dan sekaligus memulihkan ekonomi menjadi ekonomi yang lebih kuat, sehat, dan mampu membangun fondasi yang lebih baik,” ujarnya.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pun angkat bicara terkait hal ini.

“Di tengah tekanan pada perekonomian global, kita patut bersyukur dan terus merawat optimisme,” katanya.

Sebagai informasi, pada kuartal II-2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatatkan -5,32%. Adapun pada kuartal ketiga, pertumbuhan ekonomi masuk ke dalam fase resesi karena mencatatkan -3,49%.

 

Kontributor: Dwitya Yonathan N

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami