NasionalOlahraga

Erick Thohir Buka Rahasia Kunci Sukses Asian Games 2018

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Ketua Inasgoc, Erick Thohir, membeberkan kunci kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang 18 Agustus – 2 September 2018. Hajatan akbar ini mampu menarik perhatian masyarakat dan menuai pujian dari negara lain.

Persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sebebarnya terbilang singkat. Sebab, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah setelah Vietnam mengundurkan diri. Keputusan itu baru diambil pada Maret 2016.

Dalam waktu hanya dua tahun tiga bulan, Inasgoc harus menyiapkan berbagai fasilitas dan saran pendukung untuk menggelar acara ini. Mulai dari renovasi venue, mempersiapkan atlet, hingga mengatasi masalah nonteknis, salah satunya adalah kemacetan di Jakarta.

Di luar dugaan, minimnya waktu persiapan tak jadi rintangan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Justru, antusiasme dari masyarakat begitu besar. Baik ada atau tidak ada atlet Indonesia yang bertanding, hampir semua venue terisi penuh.

Mengenai hal itu, Erick mengungkapkan faktor utama yang membuat euforia Asian Games 2018 begitu terasa. Faktor tersebut adalah kemegahan dari opening ceremony yang dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 18 Agustus 2018.

“Saya rasa ada key factor yang penting. Opening kita yang luar biasa, membuat masyarakat kita sangat percaya bahwa kita bangsa besar. Karena memang di opening itu kita selebrasi Indonesia untuk dunia, kita menunjukkan identitas kita untuk dunia,” kata Erick saat “Konser Terima Kasih Indonesia untuk Para Juara” di Studio 5 Indosiar, Selasa (4/9/2018).

Jadi Viral

Opening ceremony Asian Games 2018 memang menghadirkan banyak pujian dari banyak pihak, bahkan juga datang dari luar negeri. Kemeriahan dan efek kejut dalam ceremony tersebut dianggap sudah setara dengan level dunia, bahkan disebut yang terbaik sepanjang sejarah Asian Games.

Apalagi, opening ceremony juga menghadirkan sebuah gimmick yang melibatkan Presiden RI Joko Widodo. Saat itu, Jokowi seakan menunjukkan keahlian menunggangi motor untuk datang dari Istana Bogor menuju SUGBK. Saking hebohnya, opening ceremony masuk dalam kategori trending topic dunia.

“Dan saya rasa semua atlet juga terpacu untuk siap bersaing, sekarang banyak jadi miliarder. Rakyat itu tidak bisa dibohongi. Ketika kita memberikan yang terbaik, kita juga perlihatkan bahwa kita bangsa besar, animo dari masyarakat akan datang sendiri. Dan mudah-mudahan kita terus bersatu ke depannya,” Erick yang juga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) itu menegaskan.

[Liputan6.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close