BTN ads
Internasional

Erupsi Gunung Berapi Paling Mematikan dalam 25 Tahun

(LEI)-Gunung Fuego di Guatemala meletus pada Minggu, 3 Juni. Erupsi gunung tersebut menewaskan sedikitnya 65 orang. Berikut erupsi gunung berapi paling mematikan selama seperempat abad terakhir seperti dilansir oleh AFP.

– 2014: Jepang

Sebanyak 60 orang tewas ketika Gunung Ontake mendadak meletus. Letusan Ontake adalah bencana erupsi gunung berapi terburuk di Jepang selama 90 tahun. Dengan ketinggian 3.067 meter, Ontake sedang padat dikunjungi para pendaki gunung ketika meletus tanpa peringatan pada September. Masih di Jepang, Gunung Unzen meletus pada 1991. Empat puluh tiga orang tewas akibat erupsi Unzen.

– 2014: Indonesia

 Erupsi Gunung Sinabung, yang tidur selama 400 tahun, menewaskan 16 orang pada Februari. Awal 2016, erupsi Sinabung membakar desa-desa dan merusak lahan-lahan pertanian serta menewaskan tujuh orang.

– 2010: Indonesia

Salah satu gunung paling berbahaya di dunia, Gunung Merapi meletus dan menewaskan lebih dari 300 orang. Letusan Merapi tahun itu tercatat sebagai yang terkuat sejak 1872. Sekitar 280 ribu orang harus dievakuasi. Erupsi pada 1930 memakan 1.300 korban jiwa, sedangkan letusan 1994 menewaskan lebih dari 60 orang.

– 2002: Republik Demokratik Kongo

Erupsi Gunung Nyiragongo di bagian timur Republik Demokratik Kongo menghancurkan pusat Kota Goma dan wilayah-wilayah pemukiman sekitarnya. Lebih dari 100 orang tewas akibat erupsi Nyiragongo.

– 1999: Peru

Sebanyak 34 orang hilang setelah gunung berapi di wilayah tersebut tiba-tiba meletus hingga menyebabkan tanah longsor yang mengubur lima desa di Andes, timur laut Lima.

– 1997: Montserrat

Ibu kota koloni kecil Inggris, Plymouth, terhapus dari peta akibat letusan gunung berapi. Sebanyak 20 orang tewas atau hilang akibat longsoran batuan panas dan awan abu.

– 1996: Filipina

Setidaknya 70 orang tewas dan 30 lainnya hilang setelah kawah gunung berapi Parker di selatan Pulau Mindanao runtuh. Lima tahun sebelumnya, letusan Gunung Pinatubo menewaskan lebih dari 800 orang. Pinatubo terletak 80 kilometer (50 mil) dari Ibu Kota Manila.

– Erupsi Terparah

Letusan Gunung Krakatau pada 1883 masih dianggap erupsi paling parah. Erupsi melontarkan abu, batu-batuan dan asap hingga 20 kilometer ke angkasa hingga membuat gelap wilayah tersebut. Erupsi mengakibatkan gelombang tsunami raksasa yang dirasakan di seluruh dunia. Bencana itu menewaskan 36 ribu orang.

Erupsi gunung berapi paling terkenal dalam sejarah adalah letusan Gunung Vesuvius di Italia pada 79 Masehi yang menghancurkan Kota Herculaneum, Stabiae, dan Pompeii. Diperkirakan 10 persen populasi di tiga kota tersebut musnah akibat letusan. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close