Liputan

Essential, Ponsel Pintar Perdana

BTN iklan

Jakarta/Lei-  Pencipta Android, Andy Rubin akhirnya mengungkap lebih detil ponsel terbaru yang akan diluncurkannya. Ponsel yang dinamakan Essential diungkap kemunculannya oleh Rubin saat ia menjadi pembicara Code Conference Selasa (31/5).

Disaat yang bersamaan ia juga mengkonfirmasi bahwa Essential akan dikapalkan sekitar 30 hari mendatang.

Tanpa sungkan-sungkan Rubin membagikan informasi detil mengenai ponsel cerdas premium tersebut. Essential hadir dengan layar melengkung di kedua sisinya dengan ukuran 5,71 inci.

Resolusi layar tersebut adalah 2,560 x 1,312 piksel yang dibekali teknologi Corning Glass 5. Ponsel ini memiliki ketebalan 0,3 inci dan berat 181,4 gram.

Essential terbuat dari titanium dengan bagian belakang yang diselimuti keramik. Ponsel ini juga mengusung kamera belakang yang memiliki sistem dual kamera dengan sensor 13 MP dan kamera depannya 8MP.

Sebagai penyokong daya, Essential dibekali baterai 3040 mAh, konektivitas USB type-C, sensor sidik jari dan memori internal 128 GB serta RAM 4 GB. Meski dikenal sebagai pencipta Android, namun ia justru memilih menggunakan sistem operasi Ambient untuk ponsel perdananya itu.

Essential, Ponsel Pintar Perdana Bapak AndroidFoto: Courtesy www.essential.com

Rubin juga tak lupa menyematkan teknologi asisten virtual yang ditenagai kecerdasan buatan. Asisten vitual ini bisa dimanfaatkan baik di ponsel maupun di Home.

Seperti diketahui, beberapa waktu silam mantan petinggi Alphabet ini juga telah mengungkap bahwa Essential akan berjalan dengan Android.

“Semua orang yang memiliki kecemburuan ekosistem, mereka memiliki sesuatu seperti SmartThings sebagai contoh yang merupakan produk-produk Samsung. Namun konsumen tidak menginginkan barang Samsung saja di rumah mereka,” kata Rubin sebagaimana dilansir Engadget.

Di sisi lain, dia juga mengungkap bahwa ponsel tersebut memiliki magnetic connector sebagai pengganti dock dan dongle serta jack audio. Selain mengungkap kemunculan ponsel Essential, Rubin juga memperkenalkan aksesoris kamera 360 derajat.

Dengan segala teknologi pendukungnya, Rubin yakin Essential bisa menjadi ancama serius bagi iPhone dan ponsel Android premium lainnya.

Ia memastikan nantinya Essential akan hadir dengan lima atau enam aksesoris pendukung dan dua pilihan warna Black Moon dan Pure White.

Amerika Serikat akan menjadi negara pertama yang menyediakan Essential. Ponsel ini bisa ditebus dengan harga US$699 atau setara Rp9 jutaan. (CNN)

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close