HEADLINES

FGD Share Responsibility antara Wewenang KY dan MA

BTN iklan

Group Discussion Share Responsibility MA KY brJAKARTA, (LEI) – Isu share responsibility mengemuka seiring dengan Pembahasan RUU Jabatan Hakim di DPR. Beberapa pakar dan praktisi hukum, serta aktivis anti korupsi yang mendukung diterapkannya share responsibility dalam manajemen Jabatan Hakim antara Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial mengusulkan agar konsep tersebut dimuat dalam RUU Jabatan Hakim. Tidak mengherankan jika kemudian gagasan ini memicu pro dan kontra dalam masyarakat.

FGD share responsibility MA dan KY
Foto kiri-kanan: Prof. Dr. Faisal Santiago, SH, MM., Prof. Dr. H. Eman Suparman, SH, MH, serta moderator Dr. Zainal Arifin Hosein, SH, MH

Sebagai sebuah gagasan, pendapat mengenai share responsibility antara Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial itu adalah wajar. Tetapi menjadi tidak tepat jika penerapan konsep tersebut justru berpotensi mengganggu independensi kekuasaan kehakiman sebagai wadah tempat bernaung para hakim dalam semua tingkatannya. Sebab, filosofi yang mendasari diterapkannya one roof system di Mahkamah Agung itu adalah “membebaskan” kekuasaan yudikatif dari pengaruh kekuasaan eksekutif. Dan perlu dicatat bahwa one roof system di Mahkamah Agung itu juga merupakan buah dari reformasi hukum dan peradilan pasca 1998.

Foto kiri-kanan: Dr. H. Suhadi, SH., MH., Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MCL., dan Dr. St. Laksanto Utomo, SH, MH. (LEI)
Foto kiri-kanan: Dr. H. Suhadi, SH., MH., Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MCL., dan Dr. St. Laksanto Utomo, SH, MH. (LEI)

Menurut Dr H. Suhadi,  Hakim Agung,  mengatakan bahwa pengawasan eksternal adalah Mahkamah Agung dan pengawasan internal adalah Komisi Yudisial.

Saat ini yang menjadi sorotan MA tentang RUU Jabatan Hakim adalah Penurunan umur hakim dan kocok ulang Hakim Agung selama 5 tahun,  kalau evaluasi oleh KY setiap 5 tahun berarti MA dibawah KY,  tambahnya.

liputan fgd
Foto dok. legal era indonesia
liputan fgd share responsibilty
Foto dok. legal era indonesia
liputan fgd share responsibilty ma ky
Foto dok. legal era indonesia

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close