Olahraga

FIFA Usulkan Piala Dunia Mini Yang Berlangsung Dua Tahunan

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Presiden FIFA Gianni Infantino mengusulkan ‘Final 8’, yang merupakan turnamen dua tahunan yang akan diikuti delapan negara peserta.

Turnamen yang disebut sebagai piala dunia mini itu merupakan bagian dari rencana besar untuk mereformasi sepak bola internasional dan diyakini FIFA akan bernilai US$25 milar dalam siklus 12 tahun.

Dalam laporan Reuters, disebutkan pula Infantino menyebut turnamen baru tersebut akan digelar setiap Oktober dan atau November dan akan dimulai pada 2021.

Namun belum ada keterangan pasti mengenai alokasi peserta untuk masing-masing regional.

Presiden FIFA yang berasal dari Swiss itu menyebutkan ada investor yang ‘solid dan serius’ membelanjakan US$25 miliar untuk turnamen tersebut sekaligus versi baru dari Piala Dunia Antarklub yang akan diikuti 24 tim pada 2021.

Dengan keberadaan turnamen baru itu, nantinya Piala Konfederasi yang saat ini menjadi turnamen pemanasan sebelum Piala Dunia akan dihapuskan. Sementara Piala Dunia tetap akan berlangsung seperti sediakala.

Infantino mengirim rencana penyelenggaraan turnamen tersebut kepada anggota dewan pengambil keputusan FIFA yang akan memberi persetujuan.

Sebelum mengapungkan ide piala dunia mini, Infantino lebih dulu mengajukan format Piala Dunia yang diikuti 48 tim dan akan diwujudkan pada 2026.

Keinginan FIFA menggelar turnamen intenasional yang baru bertepatan dengan keinginan federasi-federasi regional yang berencana menggelar kompetisi internal.

UEFA dan CONCACAF secara terpisah tengah menyiapkan liga antarnegara yang akan diikuti semua timnas yang menempati zona Eropa serta Amerka Utara, Tengah, dan Karibia.

Seperti layaknya liga antarklub, liga antarnegara ini akan memberlakukan promosi dan degradasi.

UEFA rencananya akan dimulai pada September 2018.

[CNN]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami