LifestyleTraveling

Finlandia, Negara Paling Bahagia Tahun Ini

BTN iklan

Jakarta, (LEI) – Finlandia terpilih sebagai negara paling bahagia pada tahun ini oleh Badan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN). Negara Nordik yang beribukota di Helsinki itu berhasil mengalahkan sebanyak 156 negara lain dalam daftar tahunan tersebut.

SDSN menilai Finlandia unggul di sejumlah faktor penentu kebahagiaan suatu negara, yakni tingginya harapan hidup, keadilan sosial, dan perhatian pemerintah.

Selain untuk warga negara Finlandia, ketiga faktor tersebut juga dirasakan oleh para imigran yang datang ke sana. Penilaian terhadap imigran resmi dilakukan pada tahun ini.

Finlandia berhasil menggeser Norwegia yang menempati peringkat teratas dalam daftar tersebut pada tahun lalu. Tahun ini, Norwegia berada di posisi ke-dua.

Selain Finlandia dan Norwegia, peringkat sepuluh besar dalam daftar negara paling bahagia di dunia juga ditempati oleh Negara Nordik lainnya, yakni Denmark (ke-tiga), Islandia (ke-empat), dan Swedia (ke-sembilan).

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) turun empat peringkat ke posisi ke-18 setelah tahun lalu berada di posisi ke-14.

Negara yang berada di atas peringkat AS ialah Jerman (ke-15), Costa Rica (ke-13), Israel ke-11) dan Australia (ke-10).

Sedangkan Indonesia berada di posisi ke-96, tepat di atas posisi Bhutan dan di bawah posisi Vietnam.

Tiga negara tetangga Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand bisa dibilang jauh lebih bahagia, karena masing-masing berada di posisi ke-35, ke-34, dan ke-46.

Finlandia bisa dibilang kalah populer dibandingkan Swedia, Norwegia, dan Denmark. Tapi di negara seluas 338 ribu kilometer persegi ini, memang jarang terdengar terjadi konflik berdarah.

Sepanjang tahun lalu, Finlandia telah dikunjungi oleh sebanyak 8 juta turis, yang sebagian besar berasal dari Swedia, Rusia, Jerman, Inggris, dan China.

Biaya berwisata ke Finlandia memang tak murah. Tiket penerbangan Jakarta-Helsinki dibanderol seharga Rp12 juta per orang pulang pergi. Harga tersebut belum biaya mengurus visa.

Tapi, sama seperti Negara Nordik yang lain, Finlandia menawarkan alam yang masih lestari, penduduknya masih tahu diri dalam hal mengeksplorasi lahannya.

Bulan Maret-April adalah musim semi di sana, yang disambung dengan musim panas di bulan Mei-Agustus.

Musim gugur dimulai pada bulan September-November, yang dilanjutkan dengan musim dingin pada bulan Desember-Februari.

elain Cahaya Utara, di negara ini juga bisa disaksikan fenomena alam Midnight Sun, alias matahari yang tak pernah terbenam siang malam, serta Polar Night, fenomena sebaliknya.

Dua fenomena itu terjadi saat pergantian musim panas ke musim dingin.

Penduduk Finlandia sangat gemar sauna. Tapi selain berendam di air hangat, ada banyak kegiatan wisata lain yang bisa dilakukan.

Ada empat kawasan utama yang bisa dikunjungi turis, yakni Lapland (pegunungan), Lakeland (danau), Coastal Archipelago (pantai), dan Helsinki (kota).

Berikut ini ialah daftar 10 negara paling bahagia di dunia pada tahun ini:

  1. Finlandia
  2. Norwegia
  3. Denmark
  4. Islandia
  5. Swiss
  6. Belanda
  7. Kanada
  8. Selandia Baru
  9. Swedia
  10. Australia

[cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami