BTN iklan
Internasional

Foto Kim Jong-un Diam-Diam, Tamu Hotel Disemprot Pejabat Korut

SINGAPURA (LEI) – Sejumlah petugas melakukan pengamanan ekstra ketat terhadap Pimpinan Korea Utara (Korut), Kim Jong-un selama di Hotel St Regis, sebelum melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di Pulau Wisata Sentosa pada 12 Juni 2018.

Berdasarkan lansiran dari Reuters, Minggu (10/6/2018). Belasan jurnalis Korea Utara diapit oleh puluhan petugas keamanan Korea Utara untuk mengabadikan pergerakan Kim Jong-un. Selain itu, tamu hotel pun sudah diberitahu kepada polisi Singapura dan staf hotel untuk tidak mengambil foto orang Korea Utara, terutama orang nomor satu di Korea Utara, Kim.

Namun, ada beberapa tamu yang terlihat menyelinap untuk mengabadikan sejumlah pejabat Korea Utara dan Kim Jong-un. Tak lama kemudian pejabat Korea Utara menyerbu tamu hotel dan menuntut untuk memeriksa ponsel mereka.

“Saya melihat mereka mengambil foto ketua kami. Beraninya mereka melakukannya,” kata pejabat Korea Utara kepada Reuters.

 Kim

Di bawah pengawasan ketat pejabat, dan staf St. Regis Hotel, seorang tamu laki-laki yang bengis itu menghapus foto-fotonya. Lalu seorang tamu wanita mengatakan, dirinya hanya mengambil foto lobi dan menolak untuk menunjukkan teleponnya.

Setelah membawanya ke area pribadi, staf hotel meyakinkan pejabat Korea Utara bahwa tamu itu tidak memiliki foto Kim dan sejumlah pejabat Korea Utara.

Perlu diketahui, Tuan rumah, Singapura, menyediakan dana sekitar US$15 juta atau sekitar Rp210 miliar untuk keperluan acara itu. Menurut PM Singapura Lee Hsein Loong, sekitar 50 persen di antara anggaran itu diperuntukkan bagi pengamanan. Ia mengaku optimis pertemuan bersejarah ini tidak akan sia-sia.

 Kim

“Dari sudut pandang kami, pertemuan ini penting diadakan, dan pertemuan menelurkan hasil positif, mewujudkan perkembangan di lintasan baru dan lintasan baru yang dapat mendorong keamanan dan stabilitas di kawasan,” paparnya dalam jumpa pers seperti dilansir BBC.

Selama 18 bulan terakhir, hubungan antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengalami pasang-surut. Hubungan itu juga diwarnai pernyataan saling menyudutkan dan bahkan ancaman perang, tetapi akhirnya berubah drastis sehingga mereka bersedia bertemu langsung. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close