Liputan

Gayus Lumbuun Apresiasi APPTHI Dirikan Lembaga Eksaminasi

BTN iklan
Jakarta-LEI, Dikutip dari gatra.com, Hakim Agung Gayus Lumbuun mengapresiasi langkah Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) yang membentuk lembaga atau badan untuk mengeksaminasi putusan Mahkamah Agung (MA).

“APPTHI ini lembaga yang aktif dalam menyoroti putusan pengadilan, terutama putusan-putusan kontroversial,” kata Gayus di Jakarta, Selasa (26/7).

Karena lembaga atau badan ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas putusan dan menjadikan hakim kasasi harus semakin berhati-hati dalam memutuskan satu perkara, maka langkah APPTHI juga sangat menarik perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Berhasil menarik perhatian presiden. Maka lembaga ini tepat, karena lembaga ini bertanggung jawab pada produk-produk sarjana hukum dari keluarga kampus. Ini [APPTHI) kelompok kampus semua,” ujarnya.

Bagi Gayus, langkah APPTHI membentuk lembaga eksaminasi merupakan putusan tepat, karena eksaminasi itu bersifat informatif dan edukatif. Kedua unsur ini sangat diperlukan agar putusan semakin berkualitas.

“MA sebagai pusat peradilan di Indonesia, mempunya Sema untuk membuat eksaminasi internal. Artinya, untuk menguji agar kualitas putusan semakin meningkat. Misalnya kepada ketua pengadilan negeri agar dilakukan eksaminasi internal untuk meningkatkan kualitas putusan,” ujarnya.

Langkah APPTHI juga perlu mendapat apresiasi, karena sumber daya dan anggaran lembaga bentukannya tidak terkait pihak lain atau bahkan dari pemerintah. “APPTHI ini mengorbankan waktu, finansial untuk membangun hukum bagi bangsa dan negara. Putusan ini perlu diuji kalau bersifat kontroversial dan menjadikan kegelisahan masyarakat,” ujarnya.

Kontroversial sendiri menurut Gayus terdiri dari dua macam. “Kontroversial yang tidak menimbulkan ketidakpastian hukum dan kontroversial karena tidak membuat itu adil,” katanya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami