Tekno

GDILab Hadirkan Solusi Berbasis Teknologi Melalui Fitur Chatbot

BTN iklan

Jakarta, LEI – Perkembangan teknologi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kecanggihan teknologi yang terus berkembang pesat semakin mempermudah hidup manusia baik dari sisi efisiensi waktu hingga mempersingkat proses pekerjaan.

Untuk itu, berbagai inovasi di bidang teknologi terus dilakukan yang saat ini tengah mengarah ke tren teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dengan salah satunya kehadiran fitur Chatbot.

Didasarkan pada pemikiran bahwa berinteraksi dengan seseorang melalui messenger atau aplikasi chat dinilai lebih personal, fitur Chatbot merupakan sebuah layanan personal assistant yang terdapat pada beberapa aplikasi messenger dengan tujuan mempermudah dan mengerti kebutuhan manusia.

Tidak hanya itu, dengan kemampuannya dalam memahami bahasa natural manusia, Chatbot juga dapat merespon percakapan selayaknya manusia sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses berbagai aktivitas sehari-hari.

Melalui pengembangan teknologi Chatbot tersebut, kini GDILab hadir memberikan kemudahan dalam proses serta meningkatkan efisiensi waktu tidak hanya dalam industri telekomunikasi, tetapi juga industri perbankan.

Di industri telekomunikasi, GDILab, bersama dengan AXIS dan Twitter Indonesia, memberikan solusi terhadap keluhan masyarakat yang kesulitan melakukan registrasi ulang SIM Card melalui fitur Chatbot di dalam akun Twitter @AXISgsm.

Fitur Chatbot ini mampu memberikan informasi mengenai proses registrasi SIM Card sehingga mempermudah para pengguna AXIS untuk langsung melakukan registrasi SIM Card mereka. Selain itu, kemudahan ini ditujukan bagi anak muda yang menjadi segmen dari AXIS.

“Sebagai brand yang menyasar anak muda, tentunya AXIS berusaha untuk selalu dekat dengan mereka melalui dunia yang sedang digemari, salah satunya dunia digital,” kata Robert Langton, General Manager AXIS dalam keterangan pers yang diterima pada Jumat (2/3).

Dia menambahkan, “Melalui Chatbot yang dikembangkan oleh GDILab ini, AXIS berharap proses registrasi kartu SIM di platform media sosial Twitter ini bisa memudahkan semua pelanggan AXIS di seluruh Indonesia.”

Sementara itu, Co-Founder & VP Business Development GDILab, Jefri Dinomo, mengaku salut dengana pemikiran AXIS yang selalu ingin dekat dengan anak muda Indonesia.

“Mereka sadar bahwa dengan menghadirkan fitur Chatbot di Twitter akan sangat memudahkan para pelanggannya untuk proses registrasi SIM Card-nya. Terima kasih kepada Twitter Indonesia yang ikut mengawal proses pembuatan Chatbot ini dari awal hingga selesai,” ujarnya.

Fitur chatbot yang disediakan terdiri dari menu Register dan Main Kuy. Kemudahan registrasi SIM Card bagi para pengguna AXIS dapat langsung dilakukan dengan meng-klik menu “Register” yang akan terhubung dengan website page AXIS.

Kemudian, para pengguna AXIS dapat melakukan registrasi SIM Card dengan mudah, hanya dengan memasukkan nomor AXIS. Kini, para pengguna AXIS dapat melakukan registrasi SIM Card dengan mudah melalui akun Twitter.

Terobosan baru tersebut turut hadir di industri perbankan melalui kerjasama GDILab dengan Bank Negara Indonesia (BNI) yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui E-Money.

Fitur Chatbot yang diaplikasikan dalam akun Twitter @BNI pada kolom Direct Message memberikan informasi bagi nasabah mengenai produk E-Money dari BNI, seperti Tap Cash dan YAP! – Your All Payment!

Fitur ini sangat mudah untuk digunakan, Nasabah hanya perlu log in di akun Twitter-nya, search akun @BNI, kemudian klik kolom Direct Message. Kemudian akan muncul pilihan menu seperti: Tap Cash, YAP! – Your All Payment! dan BNI Customer Care.

Setelah memilih menu yang diinginkan, Chatbot akan bekerja otomatis dengan memberikan informasi terkait yang dipilih. Contohnya, saat Nasabah memilih menu TapCash, maka akan muncul sub menu: Top Up TapCash, Download TapCash Go, Cek Saldo/Update Balance dan Dapatkan TapCash. Jika Nasabah memilih menu YAP! – Your All Payment! maka akan muncul sub menu: Download YAP, Promo, Cara Menggunakan dan Menjadi Merchant.

Dengan fitur Chatbot di Twitter @BNI, kini semua informasi seputar Tap Cash dan YAP! bisa didapatkan kapanpun dan dimanapun Anda berada dengan mudah.

Solusi berbasis teknologi melalui fitur chatbot akan diaplikasikan di lembaga pemerintah, bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. GDILab tengah merancang Chatbot untuk akun media sosial @kemenkopUKM yang diharapkan akan membantu Kementerian untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Saat ini, GDILab juga telah membantu Kemenkop UKM melakukan analisis media sosial @kemenkopUKM.

“Karena melihat keseriusan KemenkopUKM dalam melayani pelaku UMKM di Indonesia, maka GDILab berkomitmen untuk membantu memudahkan pelayanan publik Kemenkop dan UKM dengan membuatkan Chatbot untuk akun twitter @kemenkopUKM. Di akun ini, pelaku UMKM akan dengan mudah mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi usaha mereka,” kata Billy Boen, CEO GDILab.

GDILab merupakan perusahaan start-up berbasis digital teknologi yang telah berdiri sejak Desember 2013 silam dan menjadi perusahaan Indonesia pertama yang mampu menyediakan layanan Software as a Service (SaaS) yang difokuskan untuk menarik data melalui platform media sosial yaitu Twitter, Facebook, dan Instagram.

GDILab telah mengembangkan teknologi pintar “LEAP” (Listen Engage Analyze Predict) yang merupakan tulang punggung seluruh produk analitik digital yang dibuat dan dipasarkan oleh GDILab, dan kini telah dipakai oleh berbagai perusahaan dan brand besar maupun ratusan UMKM di Indonesia.

GDILab telah melakukan strategic exclusive partnership dengan sebuah perusahaan analitik gambar dan suara yang berbasis di Thailand, Digital Associates, Co. Ltd.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close