Nasional

Gempa 5,5 SR Dirasakan Cukup Kuat di Sukabumi

BTN iklan

Jakarta, LEI – Gempa 5,5 Skala Richter dirasakan cukup kuat di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Pusat gempa berada di 129 kilometer baratdaya Kabupaten Lebak, Banten, atau 144 kilomter daratdaya Kota Sukabumi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keteranan tertulis Minggu (9/7), menyampaikan, gempa diraskan cukup kuat di Kota Sukabumi selama 1-3 detik.

“Gempa 5,5 SR itu dirasakan kuat di Kota Sukabumi selama 1-3 detik,” kata Sutopo.

Gempa terjadi pada pukul 05:48:33 WIB pagi. Lokasi gempa pada 150 kilometer Baratdaya Kabupaten, Bogor, Jabar, atau 75 kilometer Baratdaya Serang, Banten atau 197 kilometer Baratdaya Jakarta.

“Korban jiwa belum ada laporan, kerugian materil dalam pendataan. Parameter kekuatan 5,5 SR, 7,66 Lintang Selatan, 105,85 Bujur Timur, kedalaman 10 kilometer,” kata Sutopo.

Gempa juga dirasakan di Kabupaten Lebak. Sedangkan di Kabupaten Serang, Banten, gempa dirasakan lemah selama 1-2 detik dan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Setelah gempa terjadi, tim BPBD Kota Sukabumi, BPBD Lebak, BPBD Serang, dan BPBD Bogor langsung melakukan monitoring dan pendataan dampaknya di wilayang masing-masing.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close