LiputanNasional

Gempa 6,4 SR Guncang Bali-NTB

BTN iklan

MATARAM, (LEI/Antara) – Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 skala Richter mengguncang wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat, Rabu pukul 07.10 Wita, namun tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto menyebutkan lokasi pusat gempa bumi berada di koordinat 8.88 lintang selatan 115.24 bujur timur dengan kedalaman 117 kilometer.

Dampak gempa bumi tersebut berupa guncangan lemah, sedang, hingga kuat dirasakan di sejumlah daerah di Bali, seperti Kuta, Gianyar, dan Denpasar.

Guncangan juga terasa di Pulau Lombok hingga Pulau Sumbawa, NTB, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III-V “modified mercalli intensity” (MMI). Di daerah itu, guncangan gempa bumi dirasakan oleh hampir semua orang.

“Guncangan gempa bumi juga dilaporkan terasa hingga Banyuwangi, Jawa Timur,” katanya.

Lebih lanjut, Agus menambahkan ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi tersebut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

“Sampai laporan gempa bumi disusun pada pukul 07.26 Wita, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan dan laporan kerusakan,” ujarnya.

Ia mengimbau warga agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Khusus masyarakat di daerah pesisir selatan timur Bali hingga barat Lombok (NTB), diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

7 Komentar

  1. After going over a handful of the blog articles on your web
    page, I truly like your way of writing a blog.

    I bookmarked it to my bookmark site list and will be checking back in the near future.
    Take a look at my website too and tell me what you think.

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami