Gempa 7.3 SR Hancurkan Irak dan Iran – Legal Era Indonesia
Internasional

Gempa 7.3 SR Hancurkan Irak dan Iran

Bagikan ke:

Baghdad/Lei- Lebih dari 120 orang tewas di Iran dan setidaknya beberapa lainnya di Irak pada hari Minggu ketika sebuah gempa berkekuatan 7,3 berkekuatan besar melanda wilayah tersebut, media pemerintah di kedua negara mengatakan, saat tim penyelamat meningkatkan upaya semalam untuk menemukan puluhan orang terjebak di bawah reruntuhan

Sedikitnya 129 orang tewas di provinsi Kermanshah Iran di perbatasan Irak, kata wakil gubernur provinsi tersebut kepada televisi pemerintah.

“Masih ada orang-orang di bawah reruntuhan. Kami berharap jumlah korban tewas dan luka tidak akan naik terlalu banyak, tapi akan naik, “kata Mojtaba Nikkerdar Lebih dari 60 korban berada di kota Sarpol-e Zahab, sekitar 15 km (10 mil) dari perbatasan. Pejabat kesehatan Kurdi juga mengatakan setidaknya empat orang tewas di Irak dan ada 50 orang yang terluka.

Survei Geologi A.S. mengatakan bahwa gempa tersebut berkekuatan besar 7,3, sementara seorang pejabat meteorologi Irak memasang magnitude di 6.5 dengan pusat gempa di Penjwin di provinsi Sulaimaniyah di wilayah Kurdistan yang dekat dengan perbatasan utama dengan Iran.

Listrik terputus di beberapa kota Iran dan Irak, dan kekhawatiran akan gempa susulan membuat ribuan orang di kedua negara keluar ke jalan-jalan dan taman dalam cuaca dingin.

“Malam telah membuat sulit bagi helikopter untuk terbang ke daerah-daerah yang terkena dampak dan beberapa jalan juga terputus … kami khawatir dengan desa-desa terpencil,” Menteri Dalam Negeri Iran Abdolreza Rahmani Fazli mengatakan dalam sebuah wawancara di televisi pemerintah.

Banyak rumah di daerah pedesaan di provinsi ini terbuat dari batu bata lumpur dan diketahui mudah runtuh di Iran yang rawan gempa. Sebuah gempa yang mencatat besaran antara 7 dan 7,9 dapat menyebabkan kerusakan yang luas dan berat.

Orang-orang lokal mengatakan dalam laporan media dan di Twitter mereka merasakan beberapa gempa susulan. Televisi mengatakan bahwa sekolah ditutup di provinsi Kermanshah dan Ilam pada hari Senin

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top