HEADLINES
Rekomendasi

Gempa bermagnitudo 5,2 Goncangkan Papua

BTN iklan

Legal Era Indonesia – Gempa bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Kabupaten Keerom, Papua, dan sekitarnya, Senin, 7 September 2020, sekitar pukul 03.51 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya menyebutkan, gempa berpusat pada koordinat 3,65 LS dan 140,44 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 90 kilometer arah Barat Daya Kota Waris, Kabupaten Keerom, pada kedalaman 98 km.

 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono, mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Pasifik.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique naik,” katanya.

Dikatakannya, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Keerom dan Jayapura II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Triyono.

Hingga hari Senin, 7 September 2020 pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Triyono mengingatkan masyarakat agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Kemudian, memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

kontributor : Dwitya Yonathan Nugraharditama

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami