Internasional

Gempa Bumi Kali Ini Landa Taiwan Terus-Menerus

BTN iklan

TAIWAN, (LEI) – Gempa bumi berkekuatan besar terus melanda Hualien, Taiwan, setelah gempa bumi pertama terjadi pada Selasa (6/1) malam. Gempa susulan ini muncul setelah gempa bumi utama terjadi namun dengan magnitudo yang lebih kecil.

Channel News Asia mengatakan bahwa gempa susulan yang terus menghentak Hualien memiliki magnitudo yang besar. Gempa susulan terbaru di Hualien memiliki magnitudo sebesar 5,7 SR. Gempa susulan ini merupakan gempa susulan terkuat di antara gempa susulan lain yang melanda Hualien.

Data USGS mencatat ada enam getaran berkekuatan besar yang terjadi hanya dalam 24 jam setelah gempa berlangsung pada Selasa. Keenam getaran ini tercatat memiliki magnitudo sebesar 5 atau lebih.

Tak hanya berkekuatan besar, Central Weather Bureau Taiwan juga menemukan bahwa jumlah tremor ringan maupun gempa susulan yang mengiringi gempa bumi di Hualien cukup banyak. Central Weather Bureau Taiwan mengungkapkan ada 94 tremor ringan atau foreshock yang terjadi sejak Ahad (4/2) hingga Selasa (6/2) malam. Foreshock adalah gempa yang muncul sebelum gempa utama terjadi, namun dengan magnitudo yang lebih kecil dari gempa utama.

Jumlah gempa susulan atau aftershock yang terjadi setelah gempa pada Selasa (6/2) malam hingga Rabu (7/1) pukul 13.00 waktu setempat tercatat lebih banyak. Jumlah yang terekam dalam rentang waktu tersebut berjumlah 150 kali.

Central Weather Bureau Taiwan mengatakan jumlah dan intensitas foreshock maupun aftershock seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya di Hualien. Mereka mengungkapkan bahwa Taiwan biasanya mengalami gempa bumi sebanyak 20 hingga 25 kali per tahun dengan magnitudo sebesar 5 atau lebih. Jumlah keseluruhan gempa dengan magnitudo sebesar 5 atau lebih yang melanda Hualien beberapa hari terakhir ini dikatakan sudah menyumbang hampir setengah dari angka tersebut.

“(Bencana gempa seperti di Hualien) ini tidak pernah terjadi sebelumnya dan bukan pelepasan energi yang normal,” ungkap Direktur Pusat Seismologi dari Central Weather Bureau Taiwan Chen Kuo Chang.

Central Weather Bureau Taiwan mengimbau agar warga setempat tetap waspada karena masih ada banyak aftershock yang mungkin terjadi. Chen juga tak menutup kemungkinan munculnya gempa besar lain dengan magnitudo 6 atau lebih.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami