NasionalPolitik

Gibran Siap dengan rival Bagyo di Pilkada Solo

BTN iklan

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka makin mantap terjun ke dunia politik. Tepat pada hari pendaftaran dibuka, Jumat (4/9) ini, Gibran bersama Teguh Prakosa rencananya mau mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Solo untuk pemilihan wali kota.
Sebelum terjun ke dunia politik, ayah kandung Jan Ethes Srinarendra ini dikenal sebagai pebisnis di berbagai bidang usaha.
Hari ini, 11 pasangan bakal calon kepala daerah dari 5 kota/kabupaten akan menjalani tes kesehatan di RSUD dr Moewardi (RSDM) Solo.
Lima daerah tersebut adalah Kota Solo 2 pasangan, yaitu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo. Kabupaten Sukoharjo 2 pasangan, yaitu Etik Suryani-Agus Santosa dan Joko Santosa-Wiwaha Aji Santoso.

Kemudian Kabupaten Wonogiri 2 pasangan, yaitu Joko Sutopo-Setyo Sukarno dan Hartanto-Joko Purnomo. Kota Magelang 2 pasangan, yaitu Muchammad Nur Aziz-KH M Mansyur dan Aji Setyawan-Windarti Agustina. Lalu Kabupaten Blora 3 pasangan, yakni Dwi Astutiningsih-Riza Yudha, Arif Rohman-Tri Yulisetyowati, dan Umi Kulsum-Agus Sugianto.
asubbag Hukum dan Humas RSDM Solo, Eko Haryati, mengatakan kali ini merupakan tes kesehatan periode pertama. Periode ini dilaksanakan 8-9 September 2020.

“Periode pertama digelar 8-9 September, pukul 07.00-17.00 WIB. Hari ini dan besok diikuti 11 pasangan dari 5 daerah,” kata Eko saat dihubungi detikcom, Selasa (8/9/2020).

Para bakal calon pertama-tama akan menjalani uji swab atau Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Hal ini dilakukan untuk memastikan para peserta tidak sedang terpapar COVID-19.

“Bagi peserta yang hasilnya negatif bisa melanjutkan tes selanjutnya. Jika hasilnya positif, peserta akan diberi kesempatan pada periode selanjutnya,” ujar dia.

Gibran dan Teguh berangkat dari Kantor DPC PDI-P Brengosan di Jalan Hasanudin Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan, Solo pukul 14.00 WIB. Rute yang dilewati adalah Jalan Hasnudin-Jalan RM Said-Jalan Menteri Supeno-Jalan Ahmad Yani-Jalan Letjend Suprapto-Jalan Kahuripan Utara Raya-KPU. Gibran dan Teguh turut menyapa warga saat melintas di ruas jalan tersebut. Ketua DPC PDI-P FX Hadi Rudyatmo dan pengurus lainnya serta pimpinan partai pendukung juga ikut mengantar Gibran-Teguh dengan menaiki andong. Rudy mengatakan, alasan menggunakan sepeda dan andong sebagai alat transportasi menuju KPU untuk menekan polusi udara. “Kalau kita menggunakan sepeda dan andong tentunya ada suara yang berisik. Namun demikian, tidak mengurangi bobot dari pendaftaran ke KPU,” kata Rudy, Jumat. Baca juga: PKS Tak Usung Calon di Pilkada Solo Sementara itu, Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota tahun ini berbeda dari sebelumnya. Hal ini karena penyelanggaraan pilkada digelar di tengah pandemi Covid-19. “Setiap tahapan (Pilkada Solo) kami harus melibatkan gugus tugas atau Satgas Pengendalian Covid-19. Jangan sampai kita menjadi klaster baru penularan dan penyebaran Covid-19. Petugas mengingatkan jaga jarak, kemudian yang masuk ke dalam (ruang pendftaran) kita sampaikan memakai alat pelindung diri,” kata Nurul. Lebih lanjut, Nurul mengatakan, pada hari pertama pendaftaran calon peserta Pilkada Solo 2020 berasal dari pasangan Gibran-Teguh. Sedangkan pasangan dari jalur perseorangan atau independen Bagyo Wahyono dan FX Supardjo alias Bajo akan mendaftar di hari terakhir pada Minggu (6/9/2020). “Tapi, KPU tetap stand by karena ini adalah masa pendaftaran,” jelas Nurul.

 

Kontributor : Dwitya Yonathan Nugraharditama
Sumber : kompas.com

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami