BTN ads
InternasionalTekno

GO-JEK dan BRI Jalin Kerja Sama untuk Hadirkan Inovasi Fintech

(Lei)-Pada 5 Maret 2018, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI mengumumkan telah menjalin kemitraan business-to-business dengan platform penyedia layanan on demand, GO-JEK. Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang akan menjadi dasar kerja sama untuk insiatif berikutnya di bidang fintech.

BRI saat ini memiliki produk uang elektronik BRIZZI dan dompet elektronik T-Bank, sedangkan GO-JEK memiliki layanan pembayaran elektronik GO-PAY. Meski masing-masing sudah memiliki produk keuangan digital, kemitraan ini tetap dilakukan karena kedua belah pihak melihat potensi kolaborasi dan saling memberi manfaat.

Direktur Hubungan Kelembagaan BRI, Sis Apik Wijayanto (dua dari kanan), dan CEO GO-PAY, Aldi Haryopratomo (paling kanan), berjabat tangan usai menandatangani nota kesepahaman antara GO-PAY dan BRI.

Salah satu contoh manfaat tersebut yakni potensi memberikan fasilitas layanan perbankan bagi masyarakat unbanked. “Ini juga bagian dari inklusi keuangan karena di GO-JEK masih banyak pelanggan yang unbanked. Ini bisa menjadi target BRI untuk mengedukasi mereka,” kata Handayani selaku Direktur Konsumer BRI.

Selain itu, kerja sama antara BRI dengan GO-JEK diharapkan bisa memberikan nilai tambah baik untuk pengguna GO-PAY ataupun nasabah BRI. Handayani mencontohkan, pihaknya tak menutup kemungkinan menghadirkan layanan top up BRIZZI melalui GO-PAY.

Tampilan layanan GO-PAY

Mulai dari hal sederhana

Baik pihak GO-JEK maupun BRI belum mengungkapkan bagaimana bentuk implementasi nyata kemitraan mereka di bidang fintech. Meski begitu, CEO GO-PAY Aldi Haryopratomo menyatakan bahwa implementasi ini akan dimulai dari hal sederhana.

Yang penting pengguna GO-PAY dan BRI bisa merasakan manfaatnya.

 Aldi Haryopratomo, CEO GO-PAY

Kemitraan ini, kata Aldi, juga sebagai upaya yang dilakukan pihaknya untuk memperluas kerja sama dengan perbankan. Pihaknya tak ingin bank hanya sekedar menjadi tempat top up untuk layanan GO-PAY.

“Kami ingin bank menjadi partner dalam memberikan akses bagi mitra atau pengguna kami ke layanan perbankan. Kuncinya kami akan buat prioritas. Mana yang paling bermanfaat bagi pengguna kami maupun pengguna BRI,” tuturnya

read also

Adapun langkah hampir serupa juga pernah dilakukan Grab yang dalam hal menjalin kemitraan dengan pihak perbankan. Pada 2016 lalu, Grab menandatangani kerja sama dengan Bank Mandiri dalam hal pembayaran melalui layanan Mandiri e-cash.

Dengan kerja sama tersebut, para penumpang Grab bisa membayar ongkos perjalanan menggunakan Mandiri e-cash yang terintegrasi langsung ke aplikasi Grab. Selain itu, pengemudi Grab bisa lebih cepat melakukan top up melalui akun Mandiri e-cash.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close