Google Memperluas Penghapusan Video Ekstremis YouTube – Legal Era Indonesia
Internasional

Google Memperluas Penghapusan Video Ekstremis YouTube

Bagikan ke:

Washington/Lei- Google Alphabet Inc dalam beberapa bulan terakhir telah mulai menghapus dari video ekstremis YouTube yang tidak menggambarkan kekerasan atau memberitakan kebencian, sebuah pergeseran kebijakan utama karena perusahaan media sosial menghadapi tekanan yang meningkat dari pemerintah.

Kebijakan baru ini memengaruhi video yang menampilkan orang dan kelompok yang telah ditunjuk sebagai teroris oleh pemerintah A.S. atau Inggris namun tidak memiliki kekerasan berdarah atau ucapan kebencian yang telah dilarang oleh YouTube. Seorang juru bicara YouTube, yang meminta tidak diberi nama untuk alasan keamanan, membenarkan kebijakan tersebut sebagai tanggapan atas pertanyaan. Perusahaan tidak akan menentukan kapan kebijakan tersebut mulai berlaku.

Persyaratan YouTube telah melarang “teroris” untuk menggunakan layanan ini, kebijakan baru tersebut terus mengupload video yang diunggah oleh orang lain yang mungkin ingin didistribusikan oleh militan jika mereka dapat memiliki akun, menurut juru bicara tersebut. Ratusan video pemburu al Qaeda yang disembuhkan Anwar al-Awlaki yang menguliahi sejarah Islam, yang dicatat jauh sebelum dia menganjurkan kekerasan terhadap Amerika Serikat, termasuk di antara mereka yang dikeluarkan berdasarkan kebijakan baru tersebut, kata juru bicara tersebut

Pemerintah dan kelompok hak asasi manusia telah menekan YouTube selama bertahun-tahun untuk menindak video ekstremis. Mereka berpendapat bahwa propaganda tersebut meradikalisasi pemirsa dan berkontribusi pada serangan teror mematikan. Sekretaris Kerajaan Inggris Amber Rudd memperkuat tekanan selama kunjungan dengan perusahaan teknologi di Silicon Valley pada bulan Juli dan sebuah pidato di Washington, DC pekan lalu. Uni Eropa dan anggota parlemen A.S. tahun ini telah mengancam konsekuensi bagi perusahaan teknologi jika kekhawatiran tidak ditangani. (REUTERS)

 

iklan btn

Click to comment

Komentar Anda...

To Top