EkonomiLiputanPolitik

Grab Tegaskan Tidak Melanggar Kompetisi Usaha Indonesia

BTN iklan

SURABAYA, 4/4 (LEI) – Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menegaskan upaya akuisisi Grab terhadap operasional Uber tidak akan melanggar kompetisi usaha di Indonesia, karena telah mengikuti aturan yang ada.

“Kami menghargai tanggapan dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan kami juga telah berkomunikasi aktif dengan lembaga tersebut, serta memberikan tanggapan resmi,” kata Ridzki di Surabaya, Jatim, Rabu.

Ridzki yang ditemui usai merayakan ulang tahun Grab yang ke-3 di Surabaya mengaku terus berkoordinasi dengan KPPU dan berupaya tidak melanggar kompetisi usaha di Indonesia, bahkan komunikasi yang dilakukan tersebut tidak hanya sekali.

“Kami juga sudah memberikan tanggapan secara aktif dengan KPPU pada awal bulan ini, namun isi tanggapan belum bisa kami sampaikan secara terbuka. Artinya kami akan terus berkomunikasi,” ujarnya.

Sebelumnya, dalam keterangan rilisnya KPPU meminta Grab melaporkan nilai transaksi gabungan atau merger setelah mengakuisisi Uber, karena transaksi merger itu dinilai akan mengubah peta persaingan transportasi berbasis daring di Indonesia.

Sementara menanggapi adanya aksi yang dilakukan sekelompok mitra pengemudi ojek daring ke Kantor Grab Surabaya untuk meminta kenaikan tarif, Ridzki mengaku menghargai, karena hak setiap warga negara, termasuk para mitra pengemudi untuk menyampaikan pendapat selama dilakukan secara damai dan dalam koridor hukum serta peraturan yang berlaku.

Ia mengatakan, secara umum Grab akan membuat tarif secara fleksibel, dan tidak secara kaku menaikkan karena akan berimbas pada pengguna, sehingga aplikasi Grab akan banyak ditinggalkan, namun dirinya mengaku akan menaikkan pendapatan secara umum.

“Kami tetap memperhatikan kenaikan pendapatan mitra pengemudi secara umum, dan soal tarif akan dibuat fleksibel yakni saat permintaan tinggi akan dinaikkan, namun disaat permintaan rendah akan diturunkan,” tuturnya.

Oleh karena itu, Ridzki mengaku terus melakukan pertemuan dengan mitra pengemudi secara rutin, dan memantau kepuasan para pengemudi, karena hal itu berbanding lurus dengan kepuasan pengguna.

Dalam acara HUT Ke-3 yang dirayakan di Surabaya, dihadiri sebanyak 5.000 mitra pengemudi dan keluarganya, sebagai wujud apresiasi atas kerja keras dan kontribusi dalam mendorong pencapaian luar biasa Grab di Tanah Air.

Dalam kesempatan itu, Grab memberikan penghargaan kepada 10 mitra pengemudi berprestasi di Surabaya sebagai ungkapan terima kasih atas kerja keras mereka, termasuk hadiah berupa uang tunai.

“Saat ini, kami telah hadir di 117 kota di Indonesia dan menjadi platform pemesanan kendaraan dan pembayaran mobile pertama yang melayani pengguna dari Banda Aceh, Aceh hingga Jayapura, Papua. Pencapaian ini dapat terwujud berkat kontribusi para mitra pengemudi, termasuk para mitra yang berada di Surabaya,” katanya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami