KarirLiputanNasional

Gubernur Kaltara Akui Dukungan Pusat Cukup Besar

BTN iklan

TANJUNG SELOR, 10/4 (LEI) – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengakui bahwa dukungan pemerintah pusat kepada provinsi termuda di Indonesia itu cukup besar, terlihat dari peningkatan anggaran dana pembangunan yang diberikan.

“Bantuan pusat itu terlihat dari alokasi dana pembangunan sektoral, khususnya bagi kawasan perbatasan,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie di Tanjung Selor, Selasa.

Tahun ini, misalnya, pemerintah pusat melalui APBN 2018 mengalokasikan Rp9,803 triliun untuk Kaltara.

Dana itu, antara lain untuk belanja melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja (Satker) Kementerian/Lembaga (K/L) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rp3,46 triliun.

Kemudian transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) untuk seluruh daerah di Kaltara Rp6,33 triliun.

Selain APBN, dari daerah alokasi dana pembangunan terus meningkat, yakni sejak awal terbentuk dari Rp1,73 triliun pada 2014 menjadi Rp2,9 triliun tahun 2016 dan Rp3,15 triliun pada 2018.

Perhatian pusat juga diberikan ke Kaltara melalui kementerian dan lembaga terkait yang cukup signifikan.

Terutama alokasi untuk kegiatan pembangunan di wilayah perbatasan.

Seperti untuk pembangunan sarana infrastruktur, berupa jalan dan jembatan serta fasilitas lainnya di wilayah perbatasan.

Alokasi anggaran yang terus meningkat, diharapkan bisa mempercepat gerak pembangunan di Kaltara yang punya misi menjadi provinsi muda terdepan di Indonesia.

Dengan dukungan itu diharapkan pembangunan di provinsi ke-34 itu (diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada 22 April 2013) bisa sejajar dengan daerah lain. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami