BTN iklan
LiputanNasional

Gubernur Pastikan Ketersediaan Pangan Jelang Ramadhan Cukup

PADANG, 16/5 (LEI)- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memastikan ketersediaan bahan pangan dan kebutuhan pokok strategis mencukupi menjelang Ramadhan 1439 Hijriah berdasarkan evaluasi dan pantauan yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

“Saya sudah rapat dengan pemangku kepentingan terkait, bupati dan wali kota, Bulog serta Pertamina hasilnya untuk Ramadhan kali ini diperkirakan kebutuhan pokok cukup kendati permintaan naik,” kata dia di Padang, Rabu.

Ia menyampaikan dari laporan Bulog dan dinas terkait untuk ketersediaan pangan selama Ramadhan hingga Lebaran dipastikan cukup.

“Sementara BBM stoknya mencapai 20 hari atau cukup hingga Lebaran,” kata dia.

Tidak hanya itu dari sisi transportasi Gubernur juga telah berkooordinasi dengan Organisasi Angkutan Daerah (Organda) dan dipastikan tidak ada kendala.

Menurut Irwan jika terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok maka pemerintah menyiapkan antisipasi berupa operasi pasar dan turun langsung ke lapangan.

Beberapa instansi, BUMN, BUMD pun akan menggelar pasar murah selama Ramadhan, ujar dia.

Gubernur juga mengajak masyarakat selama Ramadhan tidak berperilaku konsumtif dan berbelanja secukupnya saja.

“Kami juga menggandeng para ulama untuk mengajak warga agar tidak berlebihan dalam makan dan minum saat berbuka”, kata dia.

Sebelumnya Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional II Sumatera Barat menyampaikan stok beras yang ada di gudang saat ini mencapai 15 ribu ton atau mampu memenuhi kebutuhan untuk enam bulan ke depan.

“Stok tersebut akan digunakan untuk operasi pasar, stabilisasi harga dan bansos beras sejahtera,” kata Kepala Bulog Divre II Sumbar Suharto Djabar.

Ia memastikan stok mencukupi menyambut Ramadhan hingga Lebaran dan jika kurang akan didatangkan lagi untuk memenuhi kebutuhan.

Tidak hanya itu ia juga memastikan stok gula dan minyak goreng juga mencukupi menghadapi Ramadhan dan Lebaran.

“Untuk minyak goreng sudah disediakan 5 ribu liter dan akan ditambah 5 ribu liter, sedangkan kebutuhan saat puasa sekitar empat ribu liter,” katanya.

Selain itu untuk gula dan minyak sudah beredar di ritel modern yang ada di Padang.

Kemudian untuk cabai dan daging pihaknya juga akan melakukan operasi pasar saat Ramadhan jika harga di pasar terlalu tinggi.

Ia sudah menyiapkan 28 ton daging beku dengan harga Rp80 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk cabai pihaknya akan memantau panen di Bukittinggi dan dari Brebes sebagai antisipasi pengadaan jika harga tinggi. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close