Internasional

Gunung Io di Jepang Meletus, Status Peringatan Ditingkatkan

BTN iklan

TOKYO (LEI) – Sebuah gunung berapi di Jepang meletus memuntahkan batu-batuan dan awan asap ke udara. Pihak berwenang telah menutup akses ke puncak Gunung Io, tetapi sejauh ini tidak ada laporan adanya kerusakan atau korban akibat letusan tersebut.

Letusan gunung berapi dengan ketinggian 1.298 meter di Pulau Kyushu itu merupakan yang terkini dari serangkaian letusan gunung yang terjadi di Jepang tahun ini. Satu orang korban dilaporkan telah meninggal akibat rangkaian bencana itu.

Rekaman televisi memperlihatkan asap kelabu keluar dari beberapa titik di sisi gunung di jajaran Kirishima, sekira 985 kilometer dari Tokyo itu. Reuters, Kamis (19/4/2018) melaporkan, Badan Meteorologi Jepang telah meningkatkan status peringatan Gunung Io dari “3” menjadi “2” dan memperingatkan bahwa letusan gunung tersebut dapat melontarkan batu vulkanik sejauh dua kilometer.

Gunung Kusatsu-Shirane meletus pada Januari 2018. (Foto: BBC)

Pada Januari, seorang anggota militer Jepang terbunuh dan 11 orang mengalami luka-luka saat Gunung Berapi Kusatsu-Shirane di Jepang tengah meletus menghujani para peski di resor di dekatnya dengan bebatuan vulkanik. Dua bulan kemudian, Gunung Berapi Shinmoedake yang berada di jajaran gunung yang sama dengan Gunung Io menembakkan asap dan abu vulkanis ribuan meter ke udara.

Jepang memiliki 110 gunung berapi aktif dan memantau 47 di antaranya sepanjang waktu. Pada September 2014, 63 orang tewas di Gunung Ontake, menjadikan peristiwa itu insiden vulkanik terburuk di Jepang selama hampir 90 tahun.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 10 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami