Hukum

Hakim Tolak Eksepsi Novanto

BTN iklan

Jakarta, LEI – Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menolak nota keberatan (eksepsi) terdakwa Setya Novanto atas surat dakwaan jaksa penuntut umum KPK dalam perkara korupsi e-KTP.

“Mengadili, menyatakan keberatan eksepsi kuasa hukum terdakwa Setya Novanto tidak dapat diterima,” kata Ketua Majelis Hakim, Yanto, membacakan amar putusan sela di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (4/1/2018).

Majelis menolak eksepsi terdakwa Novanto karena menilai surat dakwaan jaksa penuntut umum KPK sudah memenuhi syarat formil dan materil, atau sudah sesuai dengan ketenuan Pasal 143 ayat 2 huruf a dan b KUHAP.

“Telah memenuhi syarat formil dan materiil sesuai Pasal 143 ayat 2 huruf a dan b KUHAP sah menurut hukum dan dapat diterima sebagai dasar pemeriksaan perkara ini,” katanya.

Majelis memerintahkan penuntut umum untuk melanjutkan pemeriksaan atas terdakwa Setya Novanto dan menangguhkan biaya perkara hingga putusan akhir.

“Persidangan berikutnya diagendakan seminggu dua kali. Senin (dan) Kamis. Tapi diawali dari Kamis karena kalau Senin takutnya pemanggilan tidak hadir,” kata Yanto.

Majelis juga meminta tim kuasa hukum terdakwa Novanto untuk mempersiapkan juga pembuktian. “Jadi kita beri ruang yang sama dalam pembuktian perkara ini,” katanya.

Atas putusan ini, Novanto mengaku menghormatinya. “Terima kasih Yang Mulia, hakim ketua Pak Yanto, juga JPU beserta para penasihat. Kami sudah mendengarkan dan saya sangat menghormati dan saya akan mengikuti secara tertib,” katanya.

Sementara jaksa penuntut umum KPK mengaku sudah melaksanakan penetapan majelis untuk memeriksakan kesehatan terdakwa Novanto ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan di RSPAD dan kemudian tiga orang dokter terhadap terdakwa juga sudah mengeluarkan surat keterangan atas kondisi kesehatan terdakwa,” kata salah seorang jaksa.

Sedangkan tim kuasa hukum terdakwa Novanto meminta agar majelis memerintahkan penuntut umum menyampaikan nama-nama saksi yang akan dihairkan pada pekan depan.

“Untuk persidangan selanjutnya, kami mohon kepada majelis hakim supaya terhadap saksi-saksi yang akan dihadapkan ke persidangan ini diinformasikan kepada kami, supaya kami bisa mempersiapkan juga,” kata salah seorang kuasa hukum Novanto.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. video slot machine bar gratis utile slot machine suoneria slot machine giochi di macchinette noleggio slot machine frosinone slot machine condonati 98 miliardi slot machine testo
    come mandare in tilt le slot machine con il cellulare halloween slot machine free cerco slot machine da comprare [url=http://hlaastmu.com]giochi online gratuiti[/url]

    http://hlaastmu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami