EkonomiLiputanNasional

Harga Cabai Rawit Kembali Bergerak Naik

BTN iklan

AMBON, 31/5 (LEI) – Harga cabai rawit yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon, kembali bergerak naik hingga mencapai Rp35.000/kg.

Hasil pantauan di pasar Mardika dan Batu Merah, Kamis, para pedagang mulai menaikkan harga cabai rawit untuk mengimbangi harga cabai keriting, dimana cabai rawit yang tadinya dipatok Rp25.000 kini bergerak naik menjadi Rp35.000/kg, sedangkan cabai keriting tetap bertahan Rp50.000/kg, dan eceran Rp5.000/tumpuk.

“Yang naik sejak hari kemarin itu cabai rawit sebesar Rp35.000/kg, sedangkan cabai keriting panjang masih tetap diangka Rp50.000/kg,” kata Baltasar.

Padahal belakangan ini permintaan cabai keriting panjang yang cukup banyak, lanjutnya, sehingga mempengaruhi harga jual di pasar.

Rustam, pedagang lainnya di pasar Batu merah ketika dikonfirmasi juga mengakui hal yang sama, yakni permintaan cabai keriting belakangan ini cukup banyak, kalau cabai rawit biasa – biasa saja.

Hanya saja harga cabai rawit sudah mulai bergerak naik ditingkat petani, dan untuk tidak merugi terpaksa kita harus menaikkan harga juga di pasar.

“Pada hal kalau mau dilihat situasi yang terjadi di pasar permintaan cabai rawit masih biasa-biasa saja, sebab kebanyakan para kaun ibu belakangan ini lebih banyak membeli cabai keriting,” ujarnya.

Sedangkan harga bumbu masak yang lain juga lebih menarik di pasar seperti bawang merah, harga yang dipatok bervariasi mulai dari Rp38.000 hingga Rp42.000/kg, bawang putih di patok Rp35.000 hingga Rp40.000/kg.

Umur pedagang di pasar Mardika ketika ditemui mengakui kalau memang benar harga bawang cukup bervariasi, hal ini disebabkan penjualan yang dilakukan teman-teman pedagang ada yang stok lama dan ada stok yang baru datang, dengan demikian perubahan harga tetap saja terjadi.

“Kalau stok yang saya jual ini baru datang dua hari lalu, dimana bawang merah saya jual Rp40.000/kg, dan bawang putih Rp35.000/kg, terserah warga yang mau membeli yang mana, sebab ada pedagang lain juga yang menjual dengan harga bervariasi ada yang menjual dengan harga Rp38.000/kg, Rp40.000, bahklan ada yang mencapai Rp42.000/kg, hanya saja kondisi bawang agak berbeda, ada yang kecil, ada yang besar dan ada juga yang kelihatan segar-segar. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami