EkonomiLiputan

Harga Kebutuhan Pokok di Tanah Bumbu Stabil

BTN iklan

BATULICIN, 7/4 (LEI) – Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di seluruh pasar-pasar harian di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, masih relatif stabil.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanah Bumbu Anwar Salujang, melalui Kepala Bidang Metrologi Pebgawasan Perdagangan, Zainab B, di Batulicin, Sabtu mengatakan biasanya satu bulan menjelang Ramadhan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar naik.

“Namun hingga saat ini harga barang kebutuhan pokok tersebut di pasar tradisonal Batulicin, Kusan Hilir, Satui, Simpang Empat dan Karang Bintang mengalami kenaikan, namun kali ini hal itu belum terjadi,” katanya.

Stabilnya harga kebutuhan pokok salah satunya disebabkan distribusi barang ke Tanah Bumbu dari Pulau Jawa dan Sulawesi relatif stabil.

Sampai saat ini belum ada tanda-tanda kenaikan harga kebutuhan pokok dari para pedagang, dan agen, seperti yang dikhawatirkan konsumen.

Ia menjelaskan, minyak goreng merk Bimoli Rp15.000 per liter, dan minyak goreng tanpa merk Rp11.250 per liter. Gula pasir Rp12.250 per kg, sedangkan merk premium Rp16.000, per kg.

Daging sapi murni Rp140.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp50.000, per kg, ikan mas Rp40.000, per kg, ikan nila Rp40.000 per kg, dan telur ayam kampung Rp2.250 per biji.

Pemkab Tanah Bumbu mengimbau para pedagan besar, dan agen agar tidak melakunan permainan atau penimbunan barang pada momen-momen tertentu.

“Biasanya ada oknum pedagang abesar atau agen di daerah lain pada momen tertentu menimbun barang, apabila harga mulai naik mereka baru menjual.” ujar dia.

Kita tidak menginginkan hal itu terjadi di Tanah Bumbu, apabila dalam inspeksi mendadak di pasaran telah ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan, maka diproses sesuai hukum yang berlaku, tambahnya.

Seorang ibu rumah tangga Desa Barokah, Kecamatan Simpang Empat, Umi Farah, mengakui sampai saat ini kondisi harga sembako di pasar tradisional Simpang Empat masih relatif normal.

“Pagi tadi kami baru usai belanja dari pasar harian simpang empat untuk membeli kebutuhan dapur, dan harga-harya barang yang kami beli tidak ada perubahan dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya, bahkan ada beberapa bahan pokok lainya seperti beras, bawang merah, bawang putih, ikan papuyu justru mengalami penurunan harga,” kata dia.

Ia berharap, kepada pemerintah daerah dan dinas terkait meskipun memasuki hari besar, harga sembako tetap stabil seperti saat ini agar masyarakat yang kurang mampu tidak terbebani. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × two =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami