Liputan

Harga Sepeda dari Taiwan Murah, Terjangkau Khalayak Banyak

BTN iklan

Jakarta, LEI 19/7 Taiwan sebuah negara yang sudah lama menekuni produk sepeda, utamanya sepeda “ontel”. Oleh karenanya, tak heran jika Taiwan mempunyai julukan rajanya sepeda yang mampu menjual harga murah, terjangkau bagi rakyat banyak dengan kualitas tinggi.
Ketika pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia, bersepeda semakin digemari oleh masyarakat di banyak negara. Tidak terkecuali Indonesia, terutama di Jakarta, di mana hampir setiap hari terlihat pria, wanita dan anak-anak bersepeda di jalanan.
Saat ini banyak orang di Jakarta antusias membeli sepeda lipat British Brompton yang harganya mahal, bahkan sepeda harga satuan bisa mencapai harga Rp 200 juta, di Taiwan dengan kualitas yang juga bagus, harganya tak sampai Rp50 juta, bahkan banyak juga yang hanya puluhan juta, demikian siaran Press dari TETO (Taipei Economic and Trade Office), diterima LEI, Mingu.

Disebutnya, Taiwan memiliki reputasi sebagai rajanya sepeda. Sepeda-sepeda yang di produksi oleh perusahaan Taiwan telah lama dijual ke negara-negara Eropa dan Amerika. Bisa saja sepeda kesayangan atau komponen utama sepeda yang anda miliki sekarang ini di produksi oleh perusahaan Taiwan.

Giant, MERIDA, KHS, Ideal, semuanya adalah perusahaan sepeda Taiwan yang terkenal secara internasional. Merek sepeda populer lainnya seperti Liv, Momentum, ASTER, AXMAN dll juga merupakan merek Taiwan.
Banyak merek sepeda Eropa dan Amerika seperti Trek, Specialized, Schwinn, Bianchi, Birdy, FUJI dll juga telah menugaskan produsen Taiwan sebagai Original Equipment Manufacture (OEM) . Menurut statistik, nilai produksi tahunan sepeda dan suku cadang yang diproduksi di Taiwan saja telah melampaui Rp 50 triliun, yang merupakan lebih dari setengah dari total nilai produksi sepeda di seluruh dunia.
Sebenarnya tidak hanya sepeda jadi yang dirakit oleh pabrik Taiwan dijual secara global, tetapi komponen sepeda yang di produksi oleh perusahaan Taiwan juga menempati posisi penting dalam rantai produksi sepeda global.

Misalnya perusahaan KueiMeng Taiwan (disingkat : KMC) perusahaan produksi rantai sepeda terbesar di dunia, dengan pangsa pasar global lebih dari 70%, yang berarti bahwa tidak peduli merek sepeda apa pun yang anda kayuh, rantai sepedanya kemungkinan besar di produksi oleh KMC Taiwan.
Selain itu, transmisi sepeda merek terbesar di dunia adalah Shimano dari Jepang, dan merek terbesar kedua adalah SRAM. Pabrik yang bertanggung jawab untuk produksi dan desain transmisi SRAM berlokasi di Taiwan, transmisi nirkabel elektroniknya SRAM menguasai tren dunia. Sedangkan untuk merek ban sepeda yang sudah dikenal seperti KENDA, MAXXIS dan lainnya semuanya adalah merek Taiwan. Alexrims, perusahaan pelek aluminium sepeda terbesar di dunia juga merupakan perusahaan Taiwan.
Pelek aluminium perusahaan ini menguasai lebih dari separuh pasar global. Suku cadang yang di produksi oleh perusahaan Taiwan lainnya seperti rangka sepeda, bantalan kursi, pedal, rem, dll juga dijual di seluruh dunia, dengan pangsa pasar lebih dari 50%. Singkatnya, Taiwan menempati posisi terdepan dalam industri sepeda di dunia. Selama menyebut soal sepeda, tidak bisa tanpa menyebutkan Taiwan!

Meningkat ke e bike

Dalam beberapa tahun terakhir, sepeda listrik (e-bike) secara bertahap menarik perhatian konsumen di Eropa dan Amerika Serikat. Taiwan juga telah berhasil mencapai hasil yang cemerlang di pasar sepeda listrik karena fondasi industri sepeda yang mapan. Menurut statistik, sepeda listrik Taiwan menyumbang lebih dari 64% pasar Uni Eropa (UE) pada 2019, menempati urutan pertama di dunia untuk pasar UE.
Menteri Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita baru-baru ini menyatakan harapannya bahwa Indonesia dapat mengembangkan dan memproduksi sepeda dan komponen terkait dalam menanggapi meningkatnya permintaan sepeda oleh masyarakat Indonesia.
Kementerian Perindustrian Indonesia bahkan mendorong Indonesia untuk secara aktif mengembangkan industri sepeda listrik karena Indonesia memiliki sumber daya mineral seperti nikel untuk produksi baterai sepeda listrik. Taiwan telah memiliki rantai industri yang lengkap dalam pembuatan sepeda dan sepeda listrik, baik dalam bentuk sepeda utuh maupun dalam berbagai macam komponen sepeda. Taiwan dan Indonesia dapat saling bekerja sama untuk mencari peluang bisnis terbesar.

Baik itu sepeda gunung yang mahal dengan rangka paduan titanium atau rangka karbon, maupun sepeda balap dengan berat hanya 6 kg, atau sepeda lipat yang ringan dan portabel, serta sepeda listrik yang hemat tenaga dan mudah dikendarai, hingga berbagai komponen sepeda kelas atas, perusahaan Taiwan dapat memenuhi berbagai permintaan untuk sepeda tersebut.

Selain memproduksi sepeda, lingkungan bersepeda yang indah di Taiwan juga populer. Jalur keliling Sun Moon Lake di Taiwan pernah dinilai oleh CNN AS sebagai salah satu dari sepuluh jalur sepeda paling indah di dunia. Ada juga jalur sepeda yang indah di semua kabupaten dan kota di Taiwan.
Disamping itu, di Taiwan terdapat lebih dari 250 gunung tinggi dengan ketinggian gunung di atas 3000 meter yang menciptakan sejumlah jalur sepeda fantastis yang sebanding dengan “le Tour de France”. Sangat cocok bagi teman-teman Indonesia untuk berlibur ke Taiwan dan bersepeda setelah wabah covid berlalu, dan dapat membeli sepeda MIT (Made in Taiwan) favorit anda!
***ty**

 

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami