LiputanNasionalTraveling

Harga Tarif MRT Dianggap Mahal?

BTN iklan

Jakarta/LEI- Pengamat transportasi menilai tarif MRT  yang dipatok Rp8.500 terbilang mahal. Sebab, biaya itu hanya meliputi single trip (satu kali perjalanan) menggunakan MRT, sehingga masyarakat yang melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi lainnya harus kembali merogoh kocek.

Pengamat Transportasi Azas Tigor Nainggolan mengatakan biaya itu belum memasukkan komponen tarif transportasi dari rumah menuju stasiun MRT.

Ia melanjutkan idealnya biaya transportasi masyarakat berkisar 15-20 persen dari Upah Minimum Provinsi (UMP). Jika mengacu UMP DKI Jakarta pada 2019 sebesar Rp3,94 juta maka alokasi untuk transportasi masyarakat di kisaran Rp591 ribu-Rp788 ribu

Hitungan kasar biaya yang harus dikeluarkan masyarakat jika menggunakan MRT sebesar Rp8.500 ditambah dengan TransJakarta Rp3.500 menjadi Rp12 ribu atau Rp24 ribu untuk pulang pergi (PP).

Hal senada disampaikan oleh pengamat transportasi dan perkotaan dari Universitas Trisakti Yayat Supriatna. Menurutnya, tarif MRT sebesar Rp8.500 terjangkau bagi masyarakat yang tidak membutuhkan moda transportasi lainnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close