BTN iklan
EkonomiLiputanNasional

Harga Telur Ayam Cianjur Turun

CIANJUR, 4/6 (LEI)- Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Cianjur, mencatat memasuki minggu ketiga puasa harga daging dan telur ayam di Cianjur relatif menurun.

Meskipun besarannya masih di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan pemerintah setempat karena sejumlah pihak terpaku pada patokan yang ditetapkan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Cianjur, Himam Haris di Cianjur Senin, mengatakan karena patokan harga peternak hingga distributor terkendala sistem produksi ternak yang sudah terganggu sejak lama.

“Karena ada pengurangan induk ayam sejak setahun lalu berdampak terhadap harga DOC yang mahal. Ditambah pasokan ayam DOC-nya berkurang. Sehingga peternak berebut untuk memproduksi ayam sehingga harga naik,” katanya.

Dia menjelaskan, semula harga jual daging ayam Rp40.000 per kilogram menjadi Rp36.000 per kilogram. Harga tersebut dinilai masih tinggi karena sebenarnya pemerintah menginginkan harga jual maksimal Rp 32.000 perkilogram.

Sementara harga telur ayam berada diangka Rp25.000 per kilogram yang seharusnya bisa dijual seharga Rp22.000 per kilogram. Pihaknya tidak menyangkal akhirnya harga jual daging dan telur ayam masih lebih tinggi dibandingkan HET.

“Kami tidak bisa menindak meski mereka menjual di atas HET yang ditetapkan karena peternak beralasan kalau banyak faktor yang berdampak pada kenaikan harga daging dan telur ayam,” katanya.

Namun, jika terjadi penimbunan barang kebutuhan, pihaknya akan menindak tegas meskipun hingga saat ini penimbunan kecil terjadi karena komoditas daging ayam dinilai tidak mungkin untuk ditimbun lama.

“Untuk mesiasati harga yang masih relatif tinggi dinas akan melaksanakan Operasi Pasar Murah (OPM) bagi masyarakat tidak mampu. Akan disediakan 4.500 paket pada OPM yang digelar di Mapolres Cianjur dan 4000 paket pada OPM di Kecamatan Haurwanngi,” katanya.Budi Suyanto [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close