HEADLINESHukum

Hari ini Penentuan Nasib Pabrik Semen Rembang

BTN iklan

JAKARTA, (LEI/Tribunnews) – Kajian Lembaga Hidup Strategis (KLHS) akan mengumumkan nasib dari proyek pembangunan pabrik PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) di Pegunungan Kendeng, Rembang Jawa Tengah, Kamis (30/3). yang berada di Rembang.

nasib petani kendeng pabrik semen rembang
Para petani Kendeng Unjuk Rasa dengan menyemen kaki sebagai wujud protes pembangunan pabrik Semen Indonesia.

Hasil kajian KLHS akan menjadi penentu nasib industri semen pelat merah tersebut. KLHS dibuat bersama oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

KLHS menjadi dasar, apakah sebuah proyek yang menyinggung lingkungan hidup akan diteruskan atau diperbaiki.
Pada pengumuman hasil kajian, jika KLHS tidak menyetujui pembangunan pabrik semen Rembang, pabrik semen di utara Jawa tersebut harus ditutup. Penutupan pabrik semen tersebut mengancam ribuan tenaga kerja dan berpotensi menambah pengangguran baru.

“Hasil KLHS akan menguntungkan pihak Semen Indonesia,”duga Pengamat Lingkungan Hidup dari Center for Information and Development Studies (Cides) M Rudi Wahyono, dalam pernyataan tertulis, Rabu (29/3) malam. Pemerintah pusat belakangan ini didesak oleh beberapa pihak menyatakan, pendirian pabrik merupakan kewenangan gubernur.

Tak hanya masalah pengangguran dan kebutuhan semen, intervensi politik dan kompetitor dari Semen Indonesia juga harus diperhitungkan dalam masalah ini. Jadi, apapun hasil yang akan dikeluarkan oleh KLHS, akan menentukan nasib banyak pihak.

Maka KLHS harus bisa mengakomodir semua kepentingan, demi pembangunan yang sudah direncanakan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Lihat juga

Close
Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami