Politik

Hasanah Akan Kelola Sampah Agar Hasilkan Rupiah Melalui Turkamling

BTN iklan

Ciamis, LEI – Calon gubernur Jawa Barat (Jabar) nomor urut 2 TB Hasanuddin (kang Hasan) akan menggulirkan program untuk mengatasi masalah pengelolaan sampah agar sampah bermanfaat dan mendatangkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakat Jabar.

Kang Hasan yang berpasangan dengan kang Anton Charliyan dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (4/4/2018), menyampaikan, pihaknya siap memberikan pelatihan dan pembinaan untuk mengelola sampah tersebut.

Menurut kang Hasan, untuk pelatihan dan pembinaan itu pihaknya sudah menyiapkan program Turkamling yang akan digulirkan bersama bersama kang Anton. Pihaknya akan mendukung berbagai lapisan masyarakat yang mempunyai kreatifias dalam mengelola sampah menjadi hal yang bermanfaat seperti pengrajin Briket.

Kang Hasan menyampaikan keteranagan tersebut saat bertemu pengrajin briket di Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jabar, Senin kemarin. “Pengrajin briket ini adalah contoh bahwa sampah bisa jadi duit dan dijadikan barang yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis,” katanya.

Kang Hasan menambahkan, para inovator seperti pengrajin briket, akan dirangkul dan diajak untuk berbagi wawasan dan pengalamannya kepada masyarakat Jabar secara luas. Menurutnya, selain bisa mengatasi permasalah sampah, pengrajin briket juga mampu membuka lapangan kerja dan menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Pengrajin seperti ini perlu kita apresiasi dan harus terus dikembangkan, ini adalah solusi penumpukan sampah di perkotaan,” ujarnya.

Sementara itu, pengrajin briket Ujang Solihin, mengungkapkan rasa bahagianya dikunjungin oleh calon pemimpin Jabar yang memiliki kepedulian terhadap masalah lingkungan dan merakyat. Ujang yang juga Purnawirawan TNI itu, menjelaskan bagaimana proses briket dibuat hingga bisa digunakan sebagai bahana bakar.

Kepada kang Hasan, Ujang berharap, agar para pengrajin seperti dirinya, terus mendapatkan pembinaan, sehingga mampu memberikan maanfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

“Kedatangan beliau ke tempat pengrajin briket ini menunjukkan kepedulian beliau terhadap masyarakat kecil, dan apa yang beliau sampaikan semoga terelaisasi dengan baik, kami ini ingin selalu dibina dan dibimbing,” kata peraih Kalpataru 2010 itu.

Pada kesempatan tersebut, kang Hasan sempat meninjau berbagai proses pembuatan briket dan juga menyapa para Ibu yang bekerja di tempat tersebut. Sebelumnya, kang Hasan juga menyapa warga dan kader PDI Perjuangan Kabupaten Ciamis.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami