Internasional

Hasanuddin: Keputusan Jokowi Tekan OKI Gelar Sidang Pernyataan Trump Sudah Tepat

BTN iklan

Jakarta, LEI – Langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan mendorong negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan PBB untuk menggelar sidang terkait pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah tepat dan patut diapresiasi.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin, melalui siaran pers, Sabtu (9/12), menyampaikan, keputusan Jokowi tersebut menunjukan bahwa pemerintah Indonesia berkontribusi dalam menyelesaikan konflik di Timur Tengah yang semakin panas, ditambah pernyataan Trump belakangan ini menimbulkan permasalahan baru.

Terlebih lagi, Indonesia sejak Presiden RI ke-1, Bung Karno, sudah berkomitmen untuk mendukung kemerdekaan bagi Palestina. Bahkan, dalam amanah konstitusi menyebutkan bahwa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan dalam bentuk apa-pun, termasuk prilaku Israel terhadap Palestina selama ini.

Menurut Hasanuddin, harusnya Trump juga menyadari bahwa AS sebagai Dewan Keamanan PBB dapat menciptakan perdamaian dunia, tidak melakukan provokasi. Karena pernyataan Trump itu justru bertentangan dengan rekomendasi dan aturan internasional.

Sebagaimana diketahui, Presiden AS Donald Trump pada Rabu, (6/12/2017), menyatakan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, sekaligus memulai proses pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Terkait dengan itu, Jokowi sudah menyampaikan pernyataan perihal langkah Trump yang menyatakan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel menggantikan Tel Aviv. Jokowi menganggap langkah itu berbahaya karena mengancam stabilitas dunia.

Jokowi pun akan mendorong negara-negara anggota OKI dan PBB untuk menggelar sidang khusus. Jokowi juga meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk segera meminta penjelasan dari Dubes AS di Indonesia.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Satu Komentar

  1. Thanks for a marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you could be a great author. I will be sure to bookmark your blog and will eventually come back at some point. I want to encourage you to ultimately continue your great work, have a nice weekend!

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami