Internasional

Hasil Perundingan Dua Korea Turunkan Popularitas Presiden Moon Jae-in

BTN iklan

SEOUL, Lei – Perundingan antara Korea Utara dengan Korea Selatan dipuji banyak pihak. Akan tetapi, popularitas Presiden Korea Selatan (Korsel),Moon Jae-in, justru menurun setelah muncul keputusan Pyongyang dan Seoul yang akan membentuk tim hoki es untuk Olimpiade Musim Dingin 2018.

Sebagaimana diketahui, perundingan Korea Utara dan Korea Selatan dimulai pada 9 Januari di Desa Panmunjom demi kepentingan Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang. Selain setuju membentuk tim hoki es bersama, kedua Korea juga sepakat untuk berparade bersama di bawah satu bendera.

Melansir dari Reuters, Jumat (19/1/2018), tingkat kepuasan warga Korea Selatan atas kinerja pemerintahan Presiden Moon Jae-in turun menjadi 67% dari angka 73% pada pekan lalu. Menurut Gallup Korea, angka tersebut hampir menyentuh titik terendah 65% yang diraih pemerintah Korsel pada September 2017.

Survei tersebut diikuti oleh 1.005 orang dewasa dan dilakukan pekan ini pada rentang 16-18 Januari. Hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan pada kelompok usia 20 dan 30 tahun turun menjadi 75% dan 82%.

Penurunan paling tajam tercatat pada kelompok usia 40 tahun jika dibandingkan dengan usia 50 tahun ke atas. Patut dicatat bahwa kelompok usia 50 tahun ke atas mayoritas tidak mendukung Moon Jae-in dan cenderung konservatif atau menolak berdamai dengan Korea Utara.

Keinginan Presiden Moon Jae-in untuk menyatukan kedua Korea di Olimpiade Musim Dingin 2018 Pyeongchang sendiri memicu perbedaan tajam antara kaum muda dengan tua. Sebagian besar kaum muda mendukung keinginan tersebut sementara golongan tua dan konservatif dengan tegas menolak.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close