Internasional

Heboh, Emas dan Berlian Rp5 Triliun Berjatuhan dari Pesawat

BTN iklan

(LEI) – Pernahkah Anda membayangkan tiba-tiba saja dari langit berjatuhan emas dan berlian batangan? Mungkin saja selama ini masyarakat menganggap hal itu sangat tidak bisa terjadi. Karena logikanya, selama ini yang turun dari langit hanya hujan, salju dan ikan.

Tapi, belum lama ini, di Siberia, Rusia, dikabarkan baru saja ada sebanyak setengah ton emas dan berlian serta platinum jatuh dari langit.

Hanya saja, emas, berlian dan platinum itu bukan benar-benar turun alami seperti halnya turun hujan.

Benda berharga yang nilainya ditaksir mencapai 368 juta dolar atau sekitar Rp5 triliun tersebut, jatuh ke bumi dari dalam pesawat kargo Nimbus Airlines AN-12.

Seperti kutip VIVA dari The Siberian Times, Sabtu, 27 Maret 2018. Peristiwa ini terjadi pada Kamis waktu setempat.

Pesawat itu menjatuhkan emas, berlian dan platinum saat lepas landas di Bandara Yakutsk. Akibatnya banyak sekali emas, berlian dan platinum yang berjatuh dari mulai landasan pacu hingga wilayah sejauh 26 kilometer yang dilewati pesawat setelah terbang dari bandara.

Emas berjatuhan dari dalam kabin pesawat tanpa disengaja. Sebab, tanpa disadari pintu kargo pesawat ternyata dalam kondisi terbuka dan mengalami kerusakan.

Agar emas tak lagi berjatuhan, pilot dan kru terpaksa mendaratkan pesawat di Bandara Magan, sebuah bandara kecil yang berjarak 26 kilometer dari Yakutsk. Padahal rencananya pesawat akan terbang membawa emas menuju Krasnoyarsk dan selanjutnya ke tambang Kupol.

Pesawat kargo Nimbus Airlines AN-12 saat mendarat di Bandara Magan.

FOTO: Pesawat kargo Nimbus Airlines AN-12 saat mendarat di Bandara Magan.

Petugas kepolisian juga terpaksa menutup di Bandara Yakutsk, sebab banyak sekali emas, berlian dan platinum yang berserakan di landasan pacu. Sementara, di Bandara Magan, kru pesawat langsung memeriksa kargo.

Mereka terkejut, karena di dalam kargo hanya tersisa separuh dari satu ton emas dan berlian yang sebelumnya ada di dalam pesawat.

Kepolisian mencurigai ada yang sengaja membuka pintu kargo pesawat. Atas kecurigaan ini, kepolisian telah mengamankan dan memeriksa teknisi teknik Bandara Yakutsk.

Bagian pesawat yang terbuka tempat emas berjatuhan.

FOTO: Bagian pesawat yang terbuka tempat emas berjatuhan.

Karena mereka merupakan orang terakhir yang mempersiapkan penerbangan pesawat kargo tersebut.

Untuk diketahui, Yakutsk merupakan Ibu Kota Yakutia atau Republik Sasha, wilayah ini sudah terkenal sebagai penghasil berlian Rusia.

Sementara ini diketahui, emas, berlian dan platinum itu merupakan milik sebuah perusahaan bernama Chambangan Mining and Geological, yang 75 persen sahamnya merupakan milik Canadian Kinross Gold. (VIVA)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close