EntertainmentLifestyle

Hina Sungai Nil, Penyanyi Mesir Dipenjara

BTN iklan

Jakarta, CNN Indonesia — Pengadilan Etika Moqattam, sebelah tenggara Kairo, menghukum penyanyi tersohor asal MesirSherine Abdel Wahab enam bulan penjara atas tuduhan “menghina Mesir” pada Selasa (27/2). Dia juga harus membayar denda sebesar 10 ribu pound Mesir (sekitar Rp7,8 juta) ditambah uang jaminan sebesar lima ribu pound (sekitar Rp3,9 juta).

Kasusnya berawal pada November lalu saat sebuah video dari konser Abdel Wahab di Sharjah, Uni Emirat Arab beredar viral di media sosial. Dalam video tersebut sang penyanyi diminta beberapa penonton untuk membawakan lagunya tentang Sungai Nil di Mesir yang berjudul “Sudahkah Kau Minum Air dari Sungai Nil?”

Kala itu Sherine menjawab permintaan penonton sambil berkelakar. “Jangan, nanti kau kena bilharzia. Minum Evian, itu lebih baik!” jawab Sherine sambil menyebut sebuah merek air kemasan dan nama demam yang disebabkan oleh parasit yang hidup di air, bilharzia.

Kelakar Sherine tersebut ternyata tidak disukai sejumlah kalangan. Asosiasi musisi Mesir menganggap candaan Sherine itu sebagai “penghinaan bagi Mesir”. Mereka lalu melarang dia menyanyi lagi.

Majelis Umum Persatuan Profesi Musikal, yang menolak dan membenci perkataanya, menyatakan penolakan tersebut terutama karena itu bukan pernyataan kontroversial pertama dari Sherine.”

Sebelumnya, Persatuan Profesi Musik sudah pernah menskors penyanyi ini. Dia tidak diperbolehkan menyanyi dan tampil di Mesir untuk dua bulan, hingga 14 Januari 2018.

Bilharzia atau Schistosomiasis adalah penyakit yang disebabkan cacing parasit. Penularannya dapat terjadi lewat air minum atau kontak dengan air yang terkontaminasi. Bilhariza dulunya mewabah di Mesir akibat air yang terpolusi.

Sherine akhirnya meminta maaf atas komentarnya lewat sebuah pernyataan yang diunggah di akun Facebooknya. Menurut kabar yang dilansir kantor berita Turki, Anadolu, dia bisa mengajukan banding atas hukuman ini dalam waktu 15 hari.

Vonis yang diumumkan pada Selasa (27/2) itu bukan pertama kalinya diterima Sherine. Pada Desember lalu, pengadilan Mesir memvonis penyakit pop itu dengan hukuman dua tahun penjara atas tuduhan video musik sensual.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami