BTN iklan
EntertainmentInternasionalLifestyleLiputanNasional

Hongaria Angkat Ekonomi Digital Peringati Hari Kemerdekaan

JAKARTA, 15/3 (LEI) – Kedutaan Besar Hongaria di Indonesia mengangkat tema ekonomi digital untuk merayakan 170 tahun Revolusi Hongaria, dengan menyelenggarakan forum bisnis yang mempertemukan para pelaku usaha bidang teknologi informasi kedua negara.

Tema digital dipilih karena dunia saat ini menuntut setiap orang untuk semakin inovatif menciptakan ide-ide baru, yang direpresentasikan dengan semakin berkembangnya perusahaan-perusahaan “start-up” dan teknologi, yang digawangi oleh anak-anak muda.

“Semangat revolusi Hongaria saat ini lebih dimaknai untuk revolusi ekonomi,” ujar Duta Besar Hongaria untuk Indonesia Judit Nemeth-Pach dalam resepsi “Revolutionary Hungary” di salah satu kafe di Jakarta, Rabu malam.

Dengan pertumbuhan PDB mencapai 3,6 persen dan nilai ekspor menyentuh 100 miliar dolar AS pada 2017, Hongaria menjadi salah satu ekonomi terkuat di Eropa.

“Kami adalah negara yang sangat kuat dan berdaulat di bidang politik, tetapi khusus di bidang ekonomi dan kebijakan luar negeri kami ingin terus mendorong bisnis kami,” tutur Judit.

Selain bidang teknologi informasi, pemerintah Hongaria dan Indonesia juga terus menggali kerja sama dalam berbagai bidang seperti kesehatan, pertahanan, energi, budaya, perikanan, pendidikan dan pariwisata.

Pada 2015 terdapat 7,8 ribu wisatawan Hungaria ke Indonesia dan 2016 jumlahnya meningkat 26,91 persen menjadi 10 ribu wisatawan.

Sementara menurut Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Hongaria yang rata-rata jumlahnya kurang dari 10 ribu orang, berpotensi bertambah.

“Meskipun rata-rata jumlahnya kurang dari 10 ribu orang, tetapi pertumbuhannya sangat tinggi. Bisa mencapai 100 persen,” kata Menpar dalam kesempatan yang sama.

Hubungan bilateral Indonesia dan Hongaria terus berkembang secara positif ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan kenegaraan, termasuk kunjungan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban ke Jakarta pada 2016, juga pertemuan menteri luar negeri kedua negara dalam forum-forum internasional.

Nilai perdagangan kedua negara juga meningkat sebesar 8,9 persen menjadi 133 juta dolar AS pada 2017.

Sedangkan di bidang pendidikan dan budaya, jumlah siswa Hongaria yang belajar di Indonesia melalui beasiswa Darmasiswa semakin bertambah, begitu pula siswa Indonesia yang mendapat beasiswa Stipendium Hungaricum untuk belajar di salah satu negara Eropa Timur itu. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close