Liputan

Honorer K2: Kerja Rasa PNS, Gaji Dibawah PNS

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Peringatan Hari Buruh diwarnai keprihatinan seluruh honorer K2 dan nonkategori. Mereka bekerja layaknya PNS tapi gajinya di bawah standar kelayakan hidup.

“Saya enggak tahu, honorer K2 ini masuk sebagai pegawai pemerintah atau buruh. Kalau bilang buruh, gaji kami lebih rendah daripada buruh. Mau dibilang buruh, kami bekerja seperti PNS dan pakai seragam pemerintah juga,” kata Ketua Umum Perkumpulan Hononer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih, Rabu (1/5).

Sampai saat ini rata-rata honorer K2 digaji Rp 300 ribu per bulan. Itu pun pembayarannya dilakukan per triwulan. Kalaupun ada daerah yang memberikan gaji jutaan bagi honorer K2 tapi hanya segelintir.

Karena itu, saat ini honorer K2 terus mendambakan status PNS. Solusi pemerintah menjadikan mereka PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dinilai tidak memenuhi rasa keadilan.

Titi menyebutkan, memang sebagian honorer K2 sudah ada yang masuk pemberkasan PPPK. Namun, sebenarnya yang diharapkan honorer K2 adalah status PNS.

“Kami tidak berdaya dengan berbagai kebijakan pemerintah. Kami ikuti kebijakan pemerintah. Namun, keinginan menjadi PNS tidak pernah surut,” ucapnya.

Titi optimistis, jalan menuju PNS bisa tercapai asalkan perjuangan honorer K2 tidak kendor. Berbagai agenda sudah direncanakan PHK2I, di antaranya melakukan lobi-lobi dengan caleg baru serta pemerintah.

“Harapan baru kami gantungkan as setinggi langit. Semoga ada perubahan. Semoga presiden terpilih akan membuatkan regulasi bagi honorer K2 menjadi PNS,” tandasnya. [Jawa Pos]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami