HukumInternasional

Hugo Boss Gugat Hugo Sport

BTN iklan

JAKARTA/Lei — Perusahaan fesyen asal Jerman  Hugo Boss Trade Mark Management GmbH and Co. KG kembali mengajukan gugatan pembatalan merek di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Kali ini, Hugo Boss mengajukan gugatan terhadap Teddy Tan terkait merek Hugo Sport.

Kuasa hukum Hugo Boss Justisiari P. Kusumah mengatakan, pengajuan gugatan itu lantaran merek milik Teddy, Hugo Sport memiliki kesamaan pokok dengan produk milik kliennya itu.

Tak tanggung-tanggung, Teddy Tan mendaftarkan empat merek sekaligus dengan nama Hugo pada Direktorat Merek dalam kurun 2008 hingga 2012. Adapun merek Hugo milik Tergugat yang terdaftar di kelas 25 antara lain merek Hugo Sport telah terdaftar dengan No. IDM000345958, merek Hugo No. IDM000156404, merek Hugo Sport + Lukisan No. IDM000248526 dan merek Hugo Select Line No. IDM000250934.

Seluruh objek gugatan tersebut secara bersama-sama disebut sebagai merek Hogo yang disengketakan. “Merek milik tergugat memiliki kesamaan, kemiripan, dan unsur-unsur yang menonjol dengan milik penggugat,” ujarnya dalam berkas yang diterima Bisnis, Kamis (2/6).

Kesamaan itu pun ditujukannya baik dari  jenis huruf, persamaan bentuk, persamaan kata dan tanda gambar, cara penulisan, persamaan bunyi dan kombinasi yang sama antara kaya Hogo dan Boss.

Merek-merek tersebut memiliki kata “Hugo”, yang notabene berasal dari nama pendiri penggugat, Mr. Hugo Ferdinand Boss.

Oleh karena itu Justiari mengatakan kata “Hugo” itu identik dengan penggugat.  Dengan begitu, ia menganggap pendaftaran merek Hugo Sport milik Teddy itu dilandasi dengan iktikad tidak baik dan mencoba menumpang ketenaran dari merek milik penggugat yang diklaimnya sebagai merek terkenal.

Selain menggugat Teddy Tan selaku Tergugat I, Hugo Boss juga mengajukan gugatan kepada Direktorat Merek, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual sebagai pihak yang turut tergugat.

Pihak turut tergugat, ungkap Justisiari, berkewajiban untuk mencabut dan mencoret merek-merek Hugo yang terdaftar atas nama tergugat dari daftar umum merek karena didaftarkan dengan iktikad yang buruk. Turut tergugat sudah selayaknya memberikan perlindungan hukum kepada penggugat dari upaya-upaya persaingan curang.

Sepertu diketahui, Hugo Boss milik penggugat itu telah didaftarkan di berbagai negara seperti Jerman, Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Australia. Nah, untuk di Indonesia sendiri, Hugo Boss juga telah terdaftar di Ditjen KI untuk pertama kalinya di kelas 3, 18, 24, dan 25 jauh sebelum Teddy mendaftarkan mereknya yakni pada 24 Januari 1999.

“Penggugat juga sebagai pemegang hak atas merek-merek dagang tersebut sekaligus sebagai pengguna perama merek Hugo Boss di dunia,” tambahnya.

Atas dasar tersebut lah, dirinya meminta kepada majelis hakim untuk mengabulkan gugatannya itu dan menyatakan pihaknya sebagai pemilik satu-satunya yang sah atas merek Hugo Boss.

Berdasarkan informasi dari pengadilan, perkara dengan nomor registrasi 30/Pdt.Sus-Merek/2016/Pn.Jkt.Pst ini telah memasuki sidang perdana pada Selasa (31/5).

Adapun dalam persidangan tersebut, hanya dihadiri oleh pihak penggugat. Sehingga majelis hakim memutuskan untuk menunda persidangan hingga 7 Juni 2016 untuk memberi kesempatan bagi tergugat untuk hadir.

Perlihatkan Lebih

12 Komentar

  1. 524296 260751Jane wanted to know though your girl could certain, the cost I simply informed her she had to hang about until the young woman seemed to be to old enough. But the truth is, in which does not get your girlfriend to counteract using picking out her extremely own incorrect body art terribly your lady are normally like me. Citty style 326075

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami