Internasional

Hukuman Pria Israel Pembakar Gereja Dianggap Tidak Sebanding dengan Orang Arab Pembakar Sinagoga Ini

BTN iklan

TEL AVIV, (LEI) – Pengadilan Israel menjatuhkan vonis berupa hukuman empat tahun penjara kepada seorang pria bernama Yinon Reuveni. Pria berusia 22 tahun itu adalah pelaku pembakaran terhadap Gereja Mukjizat Lima Roti dan Dua Ikan di Israel utara pada Juli 2015.

Yinon juga dijatuhi hukuman denda senilai 50 ribu Shekel (setara Rp191 juta) oleh Pengadilan Tinggi Nazareth sebagai kompensasi kepada gereja tersebut. Ia turut dikenai masa percobaan tambahan selama dua tahun penjara.

Pengadilan menyatakan bahwa seluruh hukuman terhadap terdakwa akan dihitung sejak ditahan pada Juli 2015. Pengacara terdakwa, Itamar Ben Gvir mengatakan, kliennya akan mengajukan banding terhadap vonis tersebut.

“Orang-orang Arab yang membakar sinagoga hanya divonis dua tahun penjara,” ujar Itamar Ben Gvir, dilansir dari Times of Israel, Rabu (13/12/2017). Ia merujuk pada hukuman yang dijatuhkan kepada pelaku pembakaran sebuah sinagoga pada 2014 di pinggiran Yerusalem.

Ben Gvir beralasan, jaksa waktu itu menuntut hukuman antara 2,5 hingga 4 tahun penjara terhadap pelaku pembakaran sinagoga. Akan tetapi, dalam kasus Yinon Reuveni, terdakwa dituntut sembilan tahun penjara oleh jaksa.

“Sedikit berlawanan dengan mereka yang berpikir ini adalah hukuman ringan, sejujurnya ini hukuman yang tidak beralasan karena seorang pemuda tanpa catatan kriminal, menderita perlakuan tidak pantas terus-menerus dari Layanan Penjara Israel dan Shin Bet selama masa tahanan,” ujar Ben Gvir.

Pada Juli lalu, Reuveni dinyatakan bersalah karena membakar gereja di Tabgha tersebut. Gereja yang terletak di pinggir Danau Galilea itu diyakini menjadi tempat di mana Yesus Kristus mengadakan mukjizat lima roti dan dua ikan untuk memberi makan sekira 5.000 orang.

Yinon Reuveni dijatuhi dakwaan pembakaran dengan kesadaran, penghancuran harta benda dengan sengaja, menggunakan kendaraan untuk melakukan kejahatan, serta berkonspirasi untuk melakukan kejahatan lainnya. Dua buah ruangan di lingkungan gereja tersebut menjadi korban vandalisme dan hancur lebur karena aksi pembakaran.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami