Tekno

Hyperloop? Indonesia Belum Memerlukan Transportasi Ini

BTN iklan

apa itu hyperloo, hyperloop di indonesiaJAKARTA, (LEI/Kompas) – Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyatakan bahwa Indonesia belum memerlukan alat transportasi kereta hyperloop. Sebaiknya Indonesia fokus memanfaatkan dan meningkatkan pelayanan alat transportasi yang tersedia.

Menurut dia, aturan teknis dari Kementerian Perhubungan juga belum ada untuk pembangunan transportasi super cepat tersebut.

“Untuk Indonesia belum diperlukan karena aturan teknis di Direktorat Jenderal Perkeretaapian juga belum ada. Akan tetapi kalau sekadar kajian tidak masalah,” ujar Djoko saat dihubungi, Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Meski begitu, dosen Universitas Soegijapranata Katolik (Unika) Semarang ini meyakini bahwa Indonesia dapat membangun transportasi super cepat. Namun, pembangunan tersebut bakal menghadapi sejumlah permasalahan seperti lahan.

“Bisa saja dibangun, tetapi masalahnya pasti lahan. Lahan sangat sensitif di Indonesia. Tidak mudah bebaskan lahan di Indonesia,” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri belum memikirkan untuk membangun transportasi kereta hyperloop. Menurut dia, perlu persiapan untuk membangun kereta kapsul yang bisa menghubungkan Jakarta-Yogyakarta dengan jarak tempuh 25 menit tersebut.

“Belum kita aplikasikan, tetapi ke depan mungkin,” ujar Budi Karya.

hyperloop merupakan alat transportasi berbentuk tabung yang berfungsi sebagai pengantar gerbong-gerbong seperti kereta.

Transportasi ini hanya menggunakan satu kapsul dalam satu kali perjalanan. Kecepatan hyperloop bisa mencapai 1.300 km per jam.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami