LiputanNasional

Ibukota Negara Pindah Ke Palangkaraya? Ini Penjelasan Bappenas

BTN iklan

Jakarta/Lei — Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) segera memulai kajian pemindahan ibukota negara ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, seperti permintanaan Presiden Joko Widodo.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto mengungkapkan pihaknya tidak mempunyai kajian teknis sebelumnya dan Bapak Presiden baru menginstruksikan beberapa waktu lalu.

“Yang akan dilakukan adalah kita mengkaji syarat-syarat untuk menjadi ibukota itu apa aja sih, secara lingkungan dan geografi harus bagaimana. Secara sosial politik [sospol] seperti apa,” paparnya setelah acara sosialisasi dan pelatihan e-Planning di kantor Bappenas, Senin (10/4/2017).

Untuk itu, dia menegaskan Bappenas akan melihat pengalaman di negara lain, misalnya Brasil yang membangun ibukota baru namanya Brasilia, dan Kazakhstan dengan kota barunya bernama Astana. Dalam hal ini, Bappenas akan mempelajari bagaimana memindahkan ibukota, termasuk variable untuk memilih kota yang paling cocok buat Indonesia sebagai negara kepulauan.

Menurutnya, Jakarta pada masa depan diperkirakan sudah terlalu sumpek, tingkat urbanisasi sangat tinggi sehingga pasti ada masalah dengan lingkungan, hidrologi, transportasi, dan keamanan.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami