BTN iklan
FinansialInvestasi

IHSG Berpeluang Menguat di Tengah Pelemahan Rupiah

Jakarta (lei) –  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi melanjutkan penguatannya secara terbatas pada hari ini, Selasa (9/10), usai melemah cukup signifikan sepanjang pekan lalu.

Dennies Christoper Jordan, Analis Artha Sekuritas mengatakan keterbatasan penguatan tersebut disebabkan oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah saat ini semakin liar hingga mencapai Rp15.200 per dolar AS.

“Namun penguatan diperkirakan cukup terbatas melihat nilai tukar rupiah masih melemah,” kata Dennies dalam risetnya.Beruntung, secara teknikal, IHSG menunjukkan potensi penguatan meski rupiah sedang terdepresiasi cukup dalam terhadap dolar AS. Menurut Dennies, IHSG akan berada dalam rentang support 5.695-5.728 dan resistance 5.794-5.827.

Hampir senada, Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengungkapkan IHSG akan bergerak dalam pola konsolidasi jangka pendek dengan kecenderungan menguat.

“Potensi kenaikan masih cukup besar di tengah tekanan yang terjadi,” ujar William melalui risetnya.

Hanya saja, pelaku pasar tak perlu takut jika indeks justru berbalik melemah hari ini karena kondisi itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan akumulasi beli. Artinya, pelaku pasar bisa mencicil pembelian beberapa saham yang berpotensi naik untuk jangka menengah dan panjang.”Hari ini IHSG berpotensi menguat, rentang (pergerakan IHSG) hari ini 5.688-5.872,” jelas William.

Sejumlah saham yang bisa dicermati oleh pelaku pasar hari ini, antara lain PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM).

Sebagai informasi, IHSG kemarin sore menguat tipis 0,5 persen atau 29,13 poin ke level 5.761. Sepanjang perdagangan kemarin pelaku pasar asing di pasar reguler sebesar Rp652,06 miliar, sedangkan di keseluruhan pasar mencapai Rp900,22 miliar.Pada saat yang sama, bursa saham Wall Street bergerak bervariasi tadi malam. Tercatat, Dow Jones naik 0,15 persen, sedangkan S&P500 dan Nasdaq Composite kompak melemah masing-masing 0,04 persen dan 0,67 persen.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close