Finansial

IHSG Rabu Dibuka Menguat 10,78 Poin

BTN iklan

Jakarta/Lei – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu, dibuka menguat sebesar 10,78 poin seiring dengan pergerakan positif mayoritas bursa saham di kawasan Asia.

IHSG BEI dibuka naik 10,78 poin atau 0,20 persen menjadi 5.302,87 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 2,73 poin (0,31 persen) menjadi 886,89 poin.

“Berlanjutnya kenaikan bursa saham di kawasan Asia menjadi salah satu katails positif bagi IHSG unutk melanjutkan pergerakannya di area penguatan,” kata Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere di Jakarta, Rabu.

Kendati demikian, lanjut dia, laju IHSG juga berpotensi terbatas menyusul kebijakan Donald Trump yang menarik diri dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP), hal itu dinilai dapat membahayakan perekonoian global, terutama negara berkembang yang mengandalkan ekspor.

“Setiap bentuk perang dagang yang berlangsung di pasar global, juga cenderung menimbulkan pengaruh kepada investor terhadap investasi pada aset-aset berisiko di ’emerging market’,” katanya.

Namun, ia mengatakan bahwa sentimen dari kebijakan Donald Trump memang tetap harus diwaspadai, tetapi tampaknya investor juga tidak ingin terjebak dalam satu isu tersebut saja. Sentimen dari dalam negeri yang secara umum masih cukup kondusif diharapkan menjaga fluktuasi IHSG di area positif.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya menambahkan bahwa laporan kinerja emiten selama 2016 yang sedang dinanti investor diharapkan mencatatkan hasil sesuai ekspektasi sehingga dapat menjadi penopang IHSG.

“Kinerja tahunan dari emiten sedianya akan dirilis dalam waktu dekat, dengan kondisi perekonomian yang stabil diharapkan mempengaruhi kinerja emiten tetap positif,” katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 71,20 poin (0,31 persen) ke level 23.021,06, indeks Nikkei naik 259,13 poin (1,38 persen) ke level 19.047,12, dan Straits Times menguat 16,15 poin (0,53 persen) posisi 3.057,58.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami