LiputanPolitik

Indonesia akan Kerjasama dengan Anti Korupsi PBB

BTN iklan

London, LEI/Antara – Indonesia akan bekerja sama dengan negara-negara lain, masyarakat sipil dan organisasi-organisasi internasional untuk mendukung percepatan pelaksanaan ketentuan sukarela PBB Konvensi Anti Korupsi .

Komitmen Indonesia itu disampaikan dalam konferensi Tingkat Tinggi Anti-Korupsi (UK Anti-Corruption Summit) yang berlangsung di London selama dua hari, 11-12 Mei lalu, kata Minister Counsellor Fungsi Politik KBRI London, Dindin Wahyudin kepada Antara London, Kamis.

Dalam konferensi KTT Anti Korupsi, delegasi Indonesia diketuai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Menkopolhukam, Luhut Binsar Panjaitan mewakili Presiden RI dan Pimpinan DPR RI, dan juga Presiden Global Organization of Parliamentarians Against Corruption/GOPAC, Fadli Zon serta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Pol Drs HM Tito Karnavian, MA Ph.D.

Dalam kesempatan tersebut Menkopolhukam, Luhut Binsar Panjaitan sempat berbicara dengan PM Cameron yang menyampaikan sangat puas dengan hasil kunjungan Presiden RI ke Inggris bulan April lalu.

Indonesia juga menyampaikan komitmen untuk memberantas korupsi dan suap di tingkat daerah dengan memperkuat South Partai Asia Tenggara Anti Korupsi menanamkan budaya anti – korupsi melalu pendidikan anti – korupsi dan kampanye.

Indonesia bekerja menuju implementasi penuh dari prinsip-prinsip Prinsip G20 untuk mempromosikan Integritas dalam Pengadaan Publik dan ketentuan yang relevan di Inggris Nations Convention Against Corruption. Indonesia akan bekerja menuju implementasi penuh dari G20 Anti – Korupsi Data Terbuka.

Sementara itu Fadli Zon, Presiden Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (GOPAC) kepada Antara London mengatakan kerjasama Internasional dalam memberantas korupsi amat penting. Dikatakannya ada beragam pihak yang dapat mendorong dan membantu upaya pemberantasan korupsi. “Masyarakat sipil misalnya dapat memperkuat sistem whistleblower dan mekanisme untuk melindungi sang whistblewer nya,” ujar Fadli Zon.

Fadli Zon yang bersama Prabowo Subianto mendirikan Partai Gerindra dalam acara puncak KTT anti korupsi juga menyoroti dalam konferensi mengenai pentingnya perusahaan mengekspose penerima manfaat dari beragam aktivitas bisnis yang ada.

Hal ini untuk menghindari keberadaan perusahaan cangkang yang hanya dapat menjadi sarana penghindaran pajak maupun pencucian uang, ujarnya.

Di luar sidang Anti Korupsi, Fadli Zon, bersama Kepala BNPT Tito Karnavian, menghadiri berbagai pertemuan terkait masalah keamanan dan Papua.

Menkopolhukam, Luhut Binsar Panjaitan juga melakukan beberapa pertemuan untuk meningkatkan kerjasama kedua negara di bidang penanggulangan terorisme dan korupsi.

Selain pertemuan dengan pemerintah Inggris, Menkopolhukam, Luhut Panjaitan bertemu dengan beberapa pengusaha dan investor Inggris serta Lord Harries of Penthegarth menyampaikan informasi mengenai perkembangan terakhir di Papua.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

28 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami