LiputanNasional

Indonesia Komit Terapkan Pemerintahan Terbuka

BTN iklan

Jakarta/Lei- Indonesia berkomitmen menerapkan pemerintahan yang terbuka bersama negara-negara Asia Pasifik untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif di masa depan, tidak saja di Indonesia tetapi juga negara-negara lain di kawasan.

Penerapan pemerintah yang terbuka akan menciptakan pembangunan yang inklusif melalui pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, inovasi pelayanan publik yang efektif dan efisien, dan kepercayaan publik kepada pemerintah, katanya, terkait penyelenggaraan Forum Pemimpin Asia Pasifik untuk Kemitraan Pemerintahan yang Terbuka (Open Government Partnership/OGP), di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan tantangan pembangunan kedepan akan semakin kompleks sehingga dituntut tata kelola pemerintahan yang terbuka, akuntable, inovatif untuk melayani public secara berkualitas.

Forum internasional yang dibuka resmi Wakil Presiden Jusuf Kalla meneguhkan komitmen Indonesia sebagai salah satu negara yang menginisiasi lahirnya OGP bersama delapan negara lainnya pada September 2011.

Indonesia telah memiliki Open Government Indonesia (OGI) yakni inisiatif yang mendorong dan memperluas praktik keterbukaan secara holistik mencakup empat pilar keterbukaan yakni transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan inovasi.

OGI telah melahirkan beberapa inovasi kebijakan publik seperti saluran aspirasi dan pengaduan masyarakat LAPOR!, portal Satu Data (data.go.id) yang merupakan penyedia data kredibel sebagai sumber penyusunan kebijakan publik

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami