Liputan

Indonesia Mau Impor Alkes ? Padahal Sudah Bisa Produksi Sendiri

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Staf Khusus Menteri BUMN RI, Arya Sinulingga menyatakan pihaknya menduga ada pihak yang ingin Indonesia terus menerus mengimpor alat kesehatan (alkes) ketimbang produksi di dalam negeri.

Dugaan anak buah Erick Thohir ini diungkapkan dalam sebuah diskusi virtual, Minggu (19/4/2020).

Ia menduga karena melihat Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) mampu memproduksi ventilator sendiri.

“Kenapa selama ini mesti impor? Berarti ada trader. Pak Erick berpikir pasti ada yang memaksa ingin trading terus. Ini terbukti, ternyata kita bisa bikin ventilator,” ujarnya.

Ia pun mencontohkan upaya kebutuhan ventilator di Indonesia. Ia mengatakan saat ini beberapa perguruan tinggi bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sedang memproduksi purwarupa ventilator untuk kebutuhan dalam menangani pasien Covid-19, dan beberapa purwarupa akan diproduksi massal bila lolos proses uji.

“Ternyata terbukti bisa kita bikin ventilator. Ini masih diuji ya. Tapi kalau berhasil maka Pak Erick (Menteri BUMN Erick Thohir) minta PT Pindad, PT DI dan, PT Len Industri untuk produksi ventilator,” ujarnya.

Sambung dia, “Jadi ini kalau berhasil artinya kita bisa membuat ventilator. Artinya bisa kan industri dalam negeri. Selama ini kita ngapain aja?” tambah Arya.

Ia pun menduga terjadinya impor menunjukan bahwa Indonesia lebih suka membeli ketimbang membuat sendiri.

“Mungkin untung lebih besar. Ke situ saja. Bukan identifikasi. Jadi kenapa lama betul tidak buat di sini,” ujarnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, mayoritas bahan baku untuk obat-obatan dan alat kesehatan yang beredar di Indonesia masih impor.

“Mohon maaf kalau saya bicara ini, sangat menyedihkan kalau negara sebesar Indonesia ini, 90 persen bahan baku dari luar negeri untuk industri obat. Sama juga alat kesehatan, mayoritas dari luar negeri,” ujarnya. [WartaEkonomi]

Berita sudah dimuat di Laman Warta Ekonomi: https://www.wartaekonomi.co.id/read281913/kok-indonesia-harus-impor-alkes-orangnya-erick-thohir-bongkar-semuanya/0

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami