Internasional

Indonesia Tamu Kehormatan Arab Saudi di Festival Budaya Terbesar Dunia

BTN iklan

JAKARTA (LEI) – Pemerintah Arab Saudi mengundang Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam Festival Janadriyah yang ke-33. Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengonfirmasi dipilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan tersebut.

Festival untuk heritage dan kebudayaan nasional Arab Saudi ini tercatat sebagai salah satu festival terbesar di dunia, yang dimulai sejak 21 tahun silam.

Abegebriel berterima kasih kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas undangan tersebut.

“Hari ini adalah waktu Saunesia, yang berarti kita berada di periode emas dari hubungan bilateral kita, sebagaimana tercermin dalam pertukaran kunjungan di tingkat tertinggi,” kata Abegebriel.

Raja Salman Apresiasi Kerukunan Antar Umat Beragama di Indonesia

Diplomat Indonesia itu mengatakan “Saunesia” adalah istilah baru di dunia diplomatik yang berasal dari kata Arab Saudi dan Indonesia.

Presiden Jokowi mengunjungi Arab Saudi pada tahun 2015 dan 2017, sedangkan Raja Salman mengunjungi Indonesia pada Maret 2017. Menurut Abegebriel, kedua pemimpin telah berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral menjadi kerjasama yang lebih komprehensif dan strategis.

“Kedua negara telah menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama budaya pada Maret 2017, dan partisipasi Indonesia di Janadriyah adalah tindak lanjut dari MoU,” katanya seperti dikutip dari Arab News, Minggu (16/12/2018).

“Kami sangat senang memiliki kesempatan ini untuk menampilkan beragam budaya dan warisan kami di paviliun khusus kami selama acara.” ujar Abegebriel.

Selain itu, Indonesia juga akan mempromosikan tujuan wisata kelas dunia serta produk-produk berkualitas tinggi kepada masyarakat di Arab Saudi.

“Dengan meningkatkan hubungan budaya, kami mempromosikan lebih banyak kontak antar-orang sehingga kedua belah pihak akan memiliki pemahaman bersama yang lebih baik,” katanya.

“Saya berharap untuk menyambut anggota keluarga kerajaan, pejabat pemerintah, komunitas bisnis dan orang-orang Saudi, serta korps diplomatik dan orang-orang dari negara lain di paviliun Indonesia selama festival Janadriyah,” imbuh dia. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami