Liputan

Indonesia – Yordania Sepakat Bentuk Dewan Bisnis

BTN iklan
Indo Yordan, Indonesia Yordania
(sumber: ksp.go.id)

Jakarta, LEI/Antara – Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Yordania menyepakati percepatan pembentukan Dewan Bisnis Yordania dan Indonesia guna mempermudah koordinasi dan kerja sama antara para pelaku bisnis dari kedua negara.

Kesepakatan tersebut dibahas pada pertemuan Duta Besar Indonesia untuk Yordania, Teguh Wardoyo dengan Wakil Perdana Menteri Bidang Ekonomi yang juga merangkap Menteri Perindustrian, Perdagangan dan Suplai Yordania, Jawad A. Al Anani di Amman, demikian keterangan pers dari Kedutaan Besar Indonesia di Amman yang diterima di Jakarta, Kamis.

Duta Besar Indonesia dalam kesempatan tersebut memaparkan perkembangan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Yordania.

Pada 2015 volume perdagangan kedua negara sebesar 256 juta dolar AS, dengan surplus bagi Yordania sebesar 65,5 juta dolar AS, kata Dubes.

Sedangkan pada tahun 2014, volume perdagangan kedua negara 305 juta dolar AS.

Duta Besar Teguh dan Menteri Jawad sepakat bahwa volume perdagangan kedua negara saat ini belum mencerminkan potensi yang sesungguhnya sehingga perlu terus ditingkatkan.

Kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan saling kunjung bagi para pelaku usaha Indonesia dan Yordania guna mencari peluang-peluang baru dalam rangka meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dubes menyampaikan bahwa Kedutaan Besar Indonesia di Amman telah melakukan sosialisasi mengenai penyelenggaraan Pameran Perdagangan Indonesia atau “Trade Expo Indonesia” (TEI) yang akan digelar di Jakarta pada 12-16 Oktober 2016.

Pada 2015, KBRI Amman berhasil menjaring 30 pengusaha Yordania untuk hadir pada ajang tersebut.

Di bidang investasi, Dubes menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan produksi pupuk di Indonesia, telah berdiri perusahaan patungan hasil kerja sama Jordan Phosphate Mines Company (JPMC) dengan PT Petrokimia Gresik.

Perusahaan patungan bernama PT Petro Jordan Abadi yang didirikan di Gresik, Jawa Timur tersebut diresmikan pada bulan Oktober 2014 oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Yordania Hatem Halawani.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

4 Komentar

  1. 581568 820638The next time I learn a weblog, I hope that it doesnt disappoint me as significantly as this 1. I mean, I do know it was my choice to read, nonetheless I truly thought youd have something attention-grabbing to say. All I hear can be a bunch of whining about something which you could fix for people who werent too busy in search of attention. 532716

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami